qdxqWFisudm6DGCugNCmxTscxWj4jhGgj3sh0iWz

Bupati Ikfina minta OPD Cermat Dokumen DPA-SKPD, Guna Persiapkan Kegiatan Tahun 2023

Mojokerto, GNN 

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Mojokerto melaksanakan kegiatan penjelasan penyusunan anggaran kas pada Dokumen Pelaksanaan Anggaran Satuan Kerja Perangkat Daerah (DPA-SKPD) Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah

(APBD) Tahun Anggaran 2023 sebagai dasar persiapan pelaksanaan kegiatan pada tahun 2023. Pada momen itu, Bupati Mojokerto Ikfina Fahmawati berpesan kepada seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) agar selalu cermat dalam menyusun DPA-SKPD APBD tahun 2023.

"Jadi dicermati semuanya, dicermati Triwulan 1, 2, 3, dan 4 saya minta tolong nanti dari tim anggaran. Makanya ini benar-benar dicermati, kalau anda semuanya sudah meletakkan di triwulan berapa, maka mau tidak mau proses sebelumnya harus anda semuanya pastikan tidak gagal," ucap Ikfina di Pendopo Graha Maja Tama (GMT), pada Senin (9/1) pagi.

Kegiatan penjelasan penyusunan anggaran kas pada DPA-SKPD APBD tahun anggaran 2023 yang turut dihadiri Sekretaris Daerah Kabupaten Mojokerto Teguh Gunarko, para asisten dan staf ahli Bupati Mojokerto, para Asisten Sekretaris Daerah.

Serta diikuti, seluruh Kepala Perangkat Daerah, Kepala Bagian Sekretariat Daerah Kabupaten Mojokerto, Pejabat Penatausahaan Keuangan Satuan Kerja Perangkat Daerah (PPK-SKPD) dan Camat se-Kabupaten Mojokerto.

Selain harus cermat dalam menyusun DPA-SKPD APBD tahun anggaran 2023, Bupati Ikfina juga mengimbau agar detail dalam setiap penyusunan kegiatan, serta dilengkapi dengan KAK (Kerangka Acuan Kerja/Kegiatan).

"kita tidak akan bisa membuat perencanaan yang tepat dan detail kalau kita ini tidak ada KAKnya dari kegiatan-kegiatan tersebut. Saya minta tolong semuanya detail, kemudian lakukan kecermatan terhadap semua aturan dan persyaratan administratif supaya tidak menjadi hambatan," ujarnya.

Orang nomor satu dilingkup Pemerintah Kabupaten Mojokerto meminta, dalam melaksanakan penyusunan anggaran kas pada DPA-SKPD APBD tahun anggaran 2023 juga meninjau dan belajar dari tahun 2022, agar seluruh kepala perangkat daerah bisa lebih fair, bertahan, dan adaptable dengan semua perencanaan-perencanaan yang sudah dibuat.

Hal tersebut perlu dilakukan, Lanjut Ikfina, karena pada saat ini sudah masuk kedalam Era Vuca (Volatility, Uncertainty, Complexity, Ambiguity), yang memberikan tantangan bagi para pemimpin dunia untuk merespon berbagai dinamika tantangan global secara tangkas dan produktif.

"Kalau kita sudah tahu detailnya, tidak apa-apa ini geser gini, karena kita sudah tahu dan sudah punya data-datanya semuanya perencanaan yang akan dilakukan secara detail," bebernya.

Agar pelaksanaan kegiatan di tahun 2023 kedepan bisa berjalan dengan lancar, Maka Bupati Ikfina menghimbau, agar seluruh perangkat daerah dapat bekerja dengan semangat yang positif dan kembali ke dirinya masing-masing karena dengan hal tersebut, dapat menjaga kondisi kesehatan jiwa maupun raga.

 "Terima kasih atas kinerja di tahun 2022, meskipun kita menunjukkan ada peningkatan kinerja yang positif tetapi jangan lupa bahwa tantangan kita di tahun 2023 juga semakin besar, sehingga kita harus prepare, saling koordinasi, serta mendukung satu sama lain. Karena kita tidak bekerja sendiri, kita bekerja bersama-sama sebagai satu tim. Maka, silahkan untuk berkomunikasi karena hal tersebut sangat penting supaya kerja kita bisa relate dan sinergi satu dengan yang lain," pungkasnya. (Hd)

Baca Juga

Related Posts