qdxqWFisudm6DGCugNCmxTscxWj4jhGgj3sh0iWz

Pembangunan Jalan Kabupaten Menjadi Preoritas Utama Dalam Musrembang Kecamatan Kedamean

GRESIK, GNN gerbangnusantaranews.com

Dalam rangka penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Tahun 2024 Kecamatan Kedamean selenggarakan Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) yang dilaksanakan dipendopo Kecamatan Kedamean.Rabu (08/02/2023) dengan mengusung tema "Transformasi Industri Ramah Lingkungan, Perdagangan yang didukung oleh Digitalisasi Ekonomi dan Kesiapan Sumber Daya Manusia yang unggul dan berdaya saing"

Musrenbang ini dibuka secara langsung oleh Camat Kedamean Drs. Sukardi, M.M. dengan dihadiri wakil ketua DPRD Gresik Mujid Riduan, SH., bersama anggota DPRD Gresik ( Hj. Siti Fatimah, S.Pd. dan H. Abdullah Hamdi, S.S.) Kepala Bappeda Misbahul Munir, S.Sos., M.Si. LH,, TNI- Polri (Koramil dan Polsek), Kades, Sekdes, TP PKK, Perwakilan  UPT. Puskesmas Slempit, Pendamping Desa, Karang taruna beserta undangan lainnya.

Dalam kesempatan itu kepala Bappeda Gresik Misbahul Munir, menyampaikan bahwa ada dua hal agenda dalam musrenbang ini yaitu mensepakati usulan preoritas dari desa yang akan dibiayai melalui APBD Kabupaten dan mensepakati preoritas diwilayah kecamatan.

Munir juga menyampaikan program program Ditahun 2024 yang paling dipreoritaskan ada tiga hal yakni sampah, Taman Tematik desa dan juga wisata desa serta pesan dari presiden tahun 2024 yaitu inflasi dan mengurangi kemiskinan ekstrim harus tuntas.

Sementara wakil ketua DPRD Gresik Mujid Riduan, SH. Dalam pemaparannya menyampaikan bahwa perkembangan Indeks reformasi birokrasi, Indeks daya saing daerah, Pertumbuhan ekonomi Gresik, Indeks pembangunan manusia dan

Indeks pembangun Gender sudah berkembang dengan baik serta tingkat kemiskinan dan tingkat pengangguran terbuka sudah menurun .ungkapnya

Mujid Riduan juga mengatakan bahwa untuk preoritas ditahun 2024 yakni mengurangi angka Kemiskinan dan membuat Kolam penampungan air dalam menangani banjir dan untuk hibah tahun 2024 akan diganti dangan diberikan berupa barang.

Lebih lanjut Mujid Riduan menegaskan bahwa dimusrenbang kecamatan ini yang paling dipreoritaskan adalah pembangun infrastruktur jalan kabupaten dan ini menjadi kewenangan kades untuk mengajukan untuk pembangunan jalan kabupaten didesa agar bisa dianggarkan melalui PUTR sehingga jalan kabupaten.tegasnya

Preoritas ditahun 2024 yakni pembangunan  diinfrastruktur wisata desa,Gresik lestari dan mapan sehingga kedepannya pendapatan asli desa (PAD) murni dari desa untuk memopang ketiga hal itu pembangunan jalan kabupaten harus dipreoritaskan, pungkasnya.

Dikesempatan yang sama anggota DPRD Gresik H. Abdullah Hamdi secara singkat menyampaikan bahwa selain infrastuktur jalan , air bersih , Jalan Usaha Tani (JUT)dan pelayan kesehatan juga harus menjadi preoritas kita bersama.

Sementara Hj. Siti fatimah mengatakan bahwa beliau anggota DPRD Gresik yang bertempat tinggal di wilayah Kecamatan Kedamean sangat setuju sekali dengan preoritas pembangunan jalan kabupaten dan beliau selaku anggota dewan siap membantu dan mengawal skala preoritas yang sudah disepakati dalam musrenbang kecamatan ini, ungkapnya

Kegiatan musrenbang diakhiri dengan sesi tanya jawab , usulan dan masukan dari para undangan dengan dijawab narasumber secara bergantian.(mhr)

Baca Juga

Related Posts