qdxqWFisudm6DGCugNCmxTscxWj4jhGgj3sh0iWz

Pemkab Mojokerto Respon Cepat Lakukan Pembersihan Sungai dan Perbaikan Tanggul Jebol

Mojokerto, GNN gerbangnusantaranews.com  

Sejumlah desa di wilayah Kabupaten Mojokerto dilanda banjir akibat hujan deras selama beberapa jam pada Kamis (9/2) kemarin. Bupati Mojokerto Ikfina Fahmawati langsung merespon cepat dengan menerjunkan tim untuk melakukan pembersihan aliran sungai yang dipenuhi sampah. Selain itu pihaknya juga berupaya secepatnya melakukan perbaikan tanggul yang jebol.

Hal itu disampaikan Bupati Ikfina saat turun langsung meninjau lokasi banjir di Dusun Gembongan Desa Jotangan Kecamatan Mojosari, Jum'at (10/2) pagi. Selain Desa Jotangan, Ikfina juga meninjau langsung sejumlah titik wilayah yang terendam banjir dan tanggul jebol seperti di Dusun Kaliurip Desa Kalipuro Kecamatan Pungging, Dusun Patung Desa Pungging Kecamatan Pungging dan Desa Tinggar Buntut Kecamatan Bangsal. 

Bupati Ikfina mengatakan penanganan banjir dengan melakukan pembersihan sampah sungai serta perbaikan tanggul yang jebol menjadi fokusnya untuk menangani banjir kali ini. Hal tersebut ia lakukan bersama Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Mojokerto, Dinas Sosial, Dinas Pertanian, Dinas PUPR, Dinas Kesehatan, Palang Merah Indonesia (PMI), TNI-POLRI dan warga masyarakat serta sukarelawan.

Adapun banjir di wilayah tersebut terjadi karena aliran deras akibat curah hujan tinggi di daerah dataran tinggi yang membawa material pohon sehingga menyumbat aliran sungai yang ada di dataran rendah. Selain itu banjir disebabkan adanya tanggul yang jebol.

"Sebetulnya ada beberapa kecamatan yang terdampak banjir. Seperti di Kecamatan Kutorejo, Ngoro, Mojoanyar, Bangsal, Puri. Tetapi semuanya sudah surut kecuali di titik wilayah Jotangan ini. Karena memang disitu ada tanggul yang tahun kemarin sudah diperbaiki dan sekarang jebol lagi, sehingga merendam permukiman warga serta areal persawahan sekitar 30 hektar," jelasnya.

Selain pembersihan aliran sungai, Pemkab Mojokerto juga menangani warga yang terdampak banjir dengan menyediakan tenda pengungsian untuk pelayanan kesehatan dan dapur umum. Tak hanya itu, Ikfina juga mengerahkan jajarannya untuk melakukan asesmen dan tindak lanjut penggantian bibit untuk para petani yang sawahnya terendam banjir.

"Kita maksimalkan karena ini berhubungan dengan hasil panen dan ketersediaan padi di Kabupaten Mojokerto," ujarnya.

Dalam kesempatan tersebut, Bupati Ikfina juga menyerahkan sejumlah sembako kepada warga terdampak banjir. Bantuan tersebut ia serahkan kepada ibu-ibu dan lansia Dusun Dusun Kaliurip, Desa Kalipuro.(hd)

Baca Juga

Related Posts