qdxqWFisudm6DGCugNCmxTscxWj4jhGgj3sh0iWz

Karnaval Nusantara Satu Abad NU, Dihadiri Ribuan Warga

Sidoarjo, GNN gerbangnusantaranews.com 

Rangkaian kegiatan resepsi Satu Abad Nahdlatul Ulama (NU) digelar selama 24 jam nonstop yang diselenggarakan di Kabupaten Sidoarjo salahsatunya adalah Karnaval Nusantara Satu Abad Nahdlatul Ulama (NU).

Beragam budaya nusantara dan dunia ditampilkan pada Karnaval yang digelar pada Pukul 14.00 hingga 17.00 WIB.

Para peserta karnaval memulai iringan-iringan dari Alun-alun Sidoarjo menuju Parkir Timur Gedung Olahraga (GOR) Delta Sidoarjo. Ruter perjalannya meliputi Jalan Cokronegoro - Jalan Sultan Agung - Jalan Teuku Umar - Jalan Pahlawan.

Pada kesempatan ini juga menampilkan tari sufi dengan barisan sepanjang 2 kilometer yang dicacatkan dalam rekor dunia Muri (Museum Rekor Indonesia). Selain itu, ada pula happening art 26.000 sticky note Fatayat NU.

Acara yang digelar  Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) itu menampilkan beragam kebudayaan, baik yang bersifat tradisi maupun agamis. Mulai dari Marching Band Kolosal 400 Banser Jawa Tengah, Reog Ponorogo, Hadrah Kuntulan Banyuwangi, Ul Daul Madura, Tari Badui Yogyakarta.

Barongsai, Ondel-Ondel Jakarta, Tari Saman Aceh, Tari Zapin Melayu, Tari Mapadendang Makasar, Tari Piring Sumatera Barat, Tari Ambon Manise Ambon.

Tari Sajojo Papua, Tari Burung Enggang Kalimantan, Marching Band dan Tari Kolosal persembahan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sidoarjo, serta Kirab 100 Ambulance LAZIZNU Jawa Timur.

Resepsi puncak Satu Abad NU digelar selama 24 jam nonstop pada, Selasa (7/2/2023) di GOR Delta Sidoarjo mulai Pukul 00.00 hingga 23.00 WIB. Rangkaian acaranya meliputi Qiro’ah dan Manaqib, Rhotib Al Attas dan Asmaul Husna Ijazah Kubro, Selawat Subuh, Selawat Satu Abad Nahdlatul Ulama, Resepsi Satu Abad Nahdlatul Ulama bersama Presiden Jokowi dan Ulama Sedunia, Karnaval Kebudayaan, dan ditutup dengan Hiburan Rakyat.

Hiburan Rakyat sebagai penutup akan dimeriahkan oleh sejumlah artis papan atas. Mulai dari Rhoma Irama dan Soneta Group, Maher Zain, Zulfikar Basyaiban, Cak Lontong, Addie MS, Denny Malik, Tohpati, Slank, Dewa Budjana, Veve Zulfikar, Kikan Namara, Qosima, Woro Widowati, Anisa Rahman, dan Akbar Kobar.

Kabupaten Sidoarjo dipenuhi lautan manusia sejak Selasa dini hari. Sementara itu, keterbatasan kapasitas membuat banyak jemaah NU tidak bisa mengikuti langsung kegiatan di dalam GOR Delta. Meski demikian, Pemkab Sidoarjo telah menyiapkan layar-layar digital untuk live streaming di beberapa titik strategis. Sehingga para jemaah yang tidak bisa masuk ke dalam GOR Delta tetap bisa mengikuti dan menyaksikan langsung acara yang menandakan kesiapan menuju abad kedua NU.(kj)



Baca Juga

Related Posts