qdxqWFisudm6DGCugNCmxTscxWj4jhGgj3sh0iWz

Gus Yani Apresiasi Festival Tumpeng Raksasa Nasi Krawu Yang Digelar KWG

Gresik, GNN gerbangnusantaranews.com 

Dalam rangka memperingati Hari Jadi Kota Gresik ke 536 dan Kabupaten Gresik ke 49, Komunitas Wartawan Gresik (KWG) menggelar Festival Nasi Krawu Tumpeng Agung, Sabtu (11/03). Bupati Gresik Fandi Akhmad Yani yang hadir dalam festival krawu, menyebut kegiatan tersebut berdampak positif bagi warga Gresik.

"Festival ini ternyata memberikan hasil yang di luar ekspektasi. Acara yang awalnya diagendakan sederhana, tapi sekarang dapat menjadi hiburan dan memberi dampak yang positif bagi warga Kabupaten Gresik. Ini jug bentuk kontribusi teman-teman KWG untuk merayakan hari ulang tahun Kabupaten Gresik." ujar bupati yang akrab disapa Gus Yani itu.

Agenda yang berlangsung di Atrium Gressmall tersebut, terlihat ramai didatangi oleh para pengunjung. Mereka semua terkesan dengan 1.000 nasi krawu yang disusun sedemikian rupa menjadi tumpeng raksasa. Tumpeng tersebut juga akan dibagikan secara gratis kepada para pengunjung yang hadir di Gressmall.

Seperti yang telah diketahui, nasi krawu telah ditetapkan menjadi Warisan Budaya Tak Benda (WBTB) oleh pemerintah melalui Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek). Sehingga, nasi krawu telah resmi menjadi bagian dari makanan khas Gresik bersama dengan sanggring kolak ayam Gumeno.

Melihat antusiasme para warga, festival yang seharusnya dibuka jam satu siang, sengaja dimajukan satu jam lebih cepat oleh Gus Yani. Menurut salah seorang pengunjung, mereka telah menunggu sejak jam 10 pagi.

"Saya sangat terkesan kepada rekan-rekan KWG, karena organisasi atau komunitas ini dapat memberikan sebuah ide yang luar biasa dalam mengisi kegiatan HUT kabupaten Gresik. Yang juga turut mengundang partisipasi warga dalam pelaksanaannya," ucap Gus Yani.

Ketua KWG Miftahul Arif mengatakan, ide awal tercetusnya festival tersebut bermula dari perbincangan warung kopi. Dia bersama anggota KWG yang lain saat itu tengah membahas mengenai upaya KWG dalam merayakan HUT Gresik.

"Ini berangkat dari kita ngopi, muncul ide bersama generasi muda KWG. Tercetuslah agenda tumpeng raksasa nasi krawu ini. Dan Alhamdulillah direspon positif oleh Pak Bupati Gresik." kata Arif.

Dia juga mengatakan, tumpeng nasi krawu raksasa ini adalah yang pertama terselenggara di Gresik. Kedepannya, dengan langkah awal seperti ini dapat lebih mengenalkan pesona nasi krawu kepada masyarakat Indonesia, khususnya warga Gresik.

Selain Gus Yani, festival krawu kali ini juga dihadiri oleh para kepala OPD terkait, diantaranya Kepala Dinas PMD Abu Hasan Kepala Dinas Budparekraf Syaifuddin Ghozali, Kepala Dinas Perikanan dan Kelautan Moh. Nadlilah, Kepala Dinas KBPPPA Titik Ernawati, dan Kepala Dinas PM dan PTSP Agung Endro Dwi Setyo Utomo, serta para pekerja ojek online yang tergabung dalam Gaspol Tangguh Gresik. (tlh)

Baca Juga

Related Posts