qdxqWFisudm6DGCugNCmxTscxWj4jhGgj3sh0iWz

Hormati Para Pendahulu, Gus Yani Dan Bu Min Bersama Jajaran OPD Gresik Ziarahi Makam Para Auliya

Gresik, GNN  gerbangnusantaranews.com 

Menyambut HUT Gresik ke 49 dan Hari Jadi Kota Gresik ke 536, Bupati dan Wakil Bupati Gresik ziarahi makam para ulama' dan pahlawan yang ada di Gresik, Selasa (07/03). Hal ini merupakan bentuk penghormatan kepada para pendahulu yang telah membangun Gresik di masa lalu.

Mengawali ziarah, Bupati Fandi Akhmad Yani, dan Wakil Bupati Gresik Aminatun Habibah didampingi seluruh jajaran Organisasi Perangkat Daerah (OPD) menuju ke makam Sunan Giri dan Sunan Prapen yang merupakan cucu dari Sunan Giri.

Menurut sejarah, selain menjadi salah satu ulama' Walisongo, Sunan Giri adalah raja pertama dari Kerajaan Giri Kedaton yang meliputi Gresik dan sekitarnya pada tahun 1487-1506 M. Pada tahun 1487 M itu pula, Sunan Giri dinobatkan sebagai Sultan atau Prabu (Penguasa Pemerintahan), yang menjadi cikal bakal kelahiran Kota Gresik.

Latar belakang sejarah yang berkaitan erat dengan penyebaran Islam di Nusantara inilah, salah satu alasan yang membuat Gresik dijuluki Kota Santri.

Sedangkan, Kabupaten Gresik terbentuk saat terlaksananya PP nomer 38 tahun 1974. Yang semula termasuk bagian dari Kabupaten Surabaya, kini telah mandiri dan menjadi Kabupaten Gresik.

Kedatangan Bupati dan Wakil Bupati Gresik saat itu disambut hangat oleh warga sekitar makam. Mereka merasa senang karena melihat para pimpinan tidak melupakan para leluhurnya.

Bupati-Wakil Bupati Gresik, Gus Yani dan Bu Min bersama jajaran OPD melanjutkan perjalanan spiritual ziarah ke Makam Aulia Sunan Malik Ibrahim dan ke Makam bupati pertama Gresik, KRT Posponegoro.

Diketahui bahwa Sunan Malik Ibrahim merupakan salah satu penyebar ajaran Islam di tanah Jawa, khususnya di Gresik.

Oleh sebab itu, Gus Yani mengajak seluruh jajarannya untuk mendoakan para pendahulu dengan berziarah bersama.

"Ziarah kali ini adalah di saat momentum Hari Ulang Tahun Pemkab Gresik ke-49 serta Hari Jadi Kabupaten Gresik ke-536," kata Gus Yani.

Ia berharap, dalam momentum HUT dan Hari Jadi Kabupaten Gresik ini senantiasa diberkahi Allah SWT.

"Kami di jajaran Pemkab Gresik semakin termotivasi dalam melayani masyarakat, memberikan dampak positif bagi masyarakat serta semoga Kabupaten Gresik menjadi kabupaten yang makmur," harapnya. (iis/tlh)

Related Posts