qdxqWFisudm6DGCugNCmxTscxWj4jhGgj3sh0iWz

Wabup Gresik Serahkan Bantuan Pangan Perdana Cadangan Pemerintah

Gresik, GNN gerbangnusantaranews.com 

Wakil Bupati Gresik Aminatun Habibah, menghadiri acara penyaluran perdana cadangan pangan pemerintah (CPP) untuk bantuan pangan di Kabupaten Gresik. Kegiatan ini dilaksanakan di Balai Desa Dahanrejo Kecamatan Kebomas, Kamis (6/23).

Pada kesempatan tersebut, Wakil Bupati Gresik, menyerahkan secara simbolis bantuan pangan berupa beras kemasan 10 Kg kepada 25 Keluarga Penerima Manfaat (KPM). Ini sekaligus menandai dimulainya penyaluran Bantuan Sosial (Bansos) pangan CPP bagi 84.871 KPM di 18 Kecamatan yang tersebar di Kabupaten Gresik.

Wakil Bupati Gresik Aminatun Habibah dalam sambutannya menyampaikan, pangan merupakan salah satu kebutuhan dasar bagi manusia yang harus dipenuhi. Ini merupakan sumber energi untuk mempertahankan hidup.

"Pemerintah perlu memberikan jaminan atas pangan terutama bagi masyarakat berpendapatan rendah. Tujuannya agar keluarga memiliki akses terhadap pangan pada harga dan volume yang ideal bagi kebutuhan, "kata wabup.

Selain itu, lanjut wabup, salah satu upaya untuk meningkatkan akses masyarakat adalah melalui pemberian bantuan yang bersumber dari cadangan pangan pemerintah.

"Masyarakat tidak perlu khawatir akan kualitas beras yang diberikan. Karena ini sudah melalui pemeriksaan oleh dinas pertanian, "ujarnya.

Dikatakan, bantuan ini langsung ditunjuk oleh pemerintah pusat sesuai nama yang diusulkan. Pemerintah Kabupaten Gresik berharap agar data ini tidak keliru dan valid agar masyarakat yang benar benar membutuhkan mendapatkan bantuan beras ini.

Disamping itu, wabup itu juga berpesan kepada para penerima manfaat agar dapat memanfaatkan bantuan ini dengan sebaik-baiknya. Apalagi di bulan suci ramadhan dan menyambut hari raya idul fitri 1444 Hijriah, yang tentunya banyak kebutuhan yang harus dipenuhi.

"Bantuan yang disalurkan ini menjadi wujud kepedulian dan ikhtiar Pemerintah. Untuk terus mengupayakan peningkatan kesejahteraan seluruh masyarakat, khususnya di Kabupaten Gresik" tandasnya.

Di tempat sama, mewakili Kepala Bulog regional Jawa Timur, Setiawan menambahkan, Bulog mendapatkan tugas penyaluran Cadangan Pangan Pemerintah (CPP). Untuk Bantuan Pangan sejak bulan Maret hingga Mei.

"Untuk Kabupaten Gresik sebanyak 84.871 penerima dan akan diberikan selama 3 kali. Ini merupakan beras cadangan pemerintah jenis premium, "katanya.

Sementara, Kepala Dinas Sosial Umi Khoiroh menambahkan, bantuan ini berasal dari pemerintah pusat melalui Bulog. Sedangkan transporternya dipercayakan pada PT. Pos Indonesia.

"Launching penyaluran dilakukan di Desa Dahanrejo total sebanyak 96 penerima. Sementara diberikan kepada 25 KPM, sisanya sambil menunggu cleancing data yang dilakukan oleh PT. Pos Indonesia, "kata Umi.

Turut hadir pada kegiatan tersebut, Mewakili Kepala Bulog  regional Jawa Timur, Setiawan, Kepala Dinas Sosial, Umi Khoiroh, Kepala Dinas Pertanian, Eko Anindito, Kepala Kantor Pos Cabang Gresik, Maestro Yunan, Sekcam Kebomas, S. Farida serta Kepala Desa Dahanrejo Mochammad Hasan.(dvd).

Related Posts