qdxqWFisudm6DGCugNCmxTscxWj4jhGgj3sh0iWz

Berikan Pengarahan Terkait Perizinan Usaha Dan Sertifikasi Halal

Gresik, GNN gerbangnusantaranews.com 

Setelah berkumpul dengan para Fatayat Bawean, Bu Min bergerak menuju pendopo Kecamatan Sangkapura. Disini, bersama Kadiskoperindag Malahatul Fardah, Bu Min memberikan pengarahan terkait kemudahan perizinan usaha mikro kepada 40 pelaku UMKM Sangkapura dan Tambak.

"Kita akan memberikan dukungan penuh terhadap UMKM dan pengelolaan potensi alam yang ada di Pulau Bawean," ucap Bu Min.

Banyak hal yang telah dilakukan Pemkab Gresik dalam meningkatkan kapasitas UMKM, di antaranya dengan  memberikan pelatihan dan kebijakan terkait kapasitas usaha. Dengan ini, diharapkan UMKM dapat semakin leluasa dalam bersaing di pasar nasional.

Bu Min juga menuturkan, seiring bertambahnya UMKM yang tumbuh, diperlukan pemerataan sertifikasi halal bagi UMKM produk makanan atau minuman. Harapannya, hal ini dapat memancing pasar yang lebih besar sehingga menguntungkan para pelaku UMKM.

"Nantinya Gresik ini akan menjadi kabupaten halal pertama di Jawa Timur. Dan saya yakin pasti banyak yang setuju karena label halal sangat penting untuk orang islam." ujarnya.

Bu Min juga menuturkan, apabila sertifikasi halal ini berjalan dengan tepat, dapat mengundang wisatawan-wisatawan dari dalam dan luar negeri. Hal ini dikarenakan, Islam merupakan salah satu agama dengan pengikut terbanyak di dunia. 

"Saat ini 70% penduduk Indonesia beragama Islam. Dan pastinya, program sertifikasi halal untuk UMKM ini disambut dengan baik oleh mereka semua, karena memang dibutuhkan." katanya.

Kegiatan sosialisasi dilanjutkan oleh Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Gresik. Mengupas tentang Sistem Informasi Desa (SID), Diskominfo ingin memperkenalkan kepada masyarakat dan operator terkait digitalisasi desa.

Dengan adanya fitur layanan mandiri, data kependudukan, artikel, lapak, serta fitur-fitur lain yang terdapat pada SID diharapkan masyarakat dapat mengakses pelayanan secara cepat dan bisa memperoleh informasi yang update. (tlh/nnd)



Related Posts