qdxqWFisudm6DGCugNCmxTscxWj4jhGgj3sh0iWz

Cegah Abrasi, Bupati Gresik Tanam Rumput Vetiver di Tanggul Kali Lamong

Gresik, GNN gerbangnusantaranews.com 

Berbagai upaya dilakukan pemkab Gresik guna mewujudkan Gresik bebas banjir, seperti yang dilakukan di Desa Lundo Kecamatan Benjeng yang sebelumnya dilakukan normalisasi, kali ini (30/5/2023) dilanjutkan dengan penanaman tanaman vetiver disepanjang tanggul kali Lamong.

Bupati Gresik H. Fandi Ahmad Yani (Gus Yani) pada acara tersebut menyampaikan bahwa kita wajib ikhtiar dalam penanganan banjir kali lamong, dan ini terus dilakukan oleh pemkab Gresik, 

Ada beberapa ikhtiar yang sudah dilakukan diantaranya normalisasi dan pencegahan pencegahan yang lain termasuk hari ini dilakukan penanaman tanaman Vertiver dengan tujuan mencegah terjadinya abrasi sehingga tanggul bisa lebih kuat struktur tanahnya, terang Gus Yani 

Selain itu Gus Yani juga menyampaikan bahwa akan terus berikhtiar mencari solusi lanjutan seperti membuat kolam retensi guna mengurangi debit air saat curah hujan tinggi pada musim penghujan, tandasnya sembari berharap apa yang sudah diupayakan pemkab Gresik ini bisa diketahui Pemerintah Provinsi dan Pusat dan pada akhirnya segera ikut serta dalam penangan ini.

Tak lupa Ia juga menekankan bahwa dalam hal ini dibutuhkan kolaburasi semua pihak, pungkas Bupati milinial ini.

Sementara Camat Benjeng Hj. Siti Sulichah dalam sambutanya Ia menjelaskan bahwa ini adalah awal penanaman rumput vetiver yang akan diteruskan di titik lainya.

Ia juga menjelaskan bahwa dipilihnya tanaman jenis ini di karenakan selain untuk memperkokoh struktur tanah, tanaman ini juga kedepan bisa dimanfaatkan sebagai makanan ternak dan juga bisa dijadikan bahan baku minuman atau obat tradisional.

Camat juga ungkapkan rasa bangga karena Bupati maupun Wakil Bupati Gresik sudah pernah kunjungi Desa Lundo secara langsung sehingga mengetahui kondisi yang ada, sehingga berharap Pemkab Gresik bisa segera melakukan pembangunan.

Camat juga mengapresiasi Kades Lundo yang sudah melakukan betonisasi meskipun masih belum tuntas, pungkasnya sembari menyampaikan terima Kasi kepada semua pihak atas terselenggaranya kegiatan penanaman ini.

Acara penanaman ini merupakan kerja bareng PT PLN Nusantara Tower dengan Pemkab Gresik  (Melalui Muspika Benjeng dan Pemdes Lundo), Ormas serta unsur lainnya yang ada di Kecamatan Benjeng termasuk TNI, Polri, Satuan Pramuka baik Kwaran maupun Sako maarif NU.

Adapun hadir pada acara tersebut Bupati Gresik H. Fandi Ahmad Yani (Gus Yani), Forkopimcam Benjeng (Camat Hj. Siti Sulichah, Danramil Kapten INF Mashudi dan Kapolsek AKP Muhammad Alimin) beserta jajarannya, Manager PT PLN Nusantara Tower Ir. Sidiq Wiyono, Ketua AKD Benjeng M. Imam Sofwan, Kades Lundo Nanang (tuan rumah) serta beberapa Kepala desa lainnya (Kades Balungtunjung, Balongmojo, Sedapurklagen, Jogodalu, Klampok, Sirnoboyo, Dermo dan Karangankidul).(WLO)


Baca Juga

Related Posts