GP Ansor Cabang Gresik Bentuk Badan Siber Ansor (BSA), Kawal Era Digitalisasi - Gerbang Nusantara News

13 Mei 2023

GP Ansor Cabang Gresik Bentuk Badan Siber Ansor (BSA), Kawal Era Digitalisasi

GRESIK, GNN gerbangnusantaranews.com 

Pimpinan Cabang (PC) Gerakan Pemuda (GP) Ansor Gresik bakal menggelar Pengukuhan Badan Siber dan Talkshow pada Ahad 14 Mei 2023 di Gedung Nasional Indonesia (GNI Gresik). 

Kepala Badan Siber Ansor (BSA) GP Ansor Cabang Gresik, M Bachtiar Syuhri menyampaikan lembaga siber ini konsentrasi dan fokusnya merevitalisasi nilai dan tradisi Islam Ahlussunnah wal Jamaah. 

“Di era digital ini, peran anak muda khususnya GP Ansor sangat dibutuhkan. Badan Siber Ansor Gresik menjadi wadah bagi sahabat-sahabat yang intens bersinggungan dengan dunia sistem komputer, informasi, serta internet yang kemudian kita sebut sebagai dunia siber,” kata Bachtiar Zuhri yang kerap disapa Erik jo, Jumat (12/5/2023). 

Lebih lanjut, ia menjelaskan peran BSA yang merupakan lembaga semi otonom yang dibentuk oleh Gerakan Pemuda Ansor ini nantinya untuk mengampanyekan pemahaman yang benar tentang Islam dan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya di era digital dan teknologi informasi yang semakin berkembang. 

“Berperan dan menjadi garda terdepan dalam memerangi radikalisme, terorisme, dan hoaks di dunia maya, serta membangun kesadaran tentang bahaya yang mungkin terjadi di dunia siber,” terang Erick jo

Selain itu, kata Erick, BSA GP Ansor Cabang Gresik nantinya untuk mempromosikan penggunaan teknologi informasi secara positif dan bertanggungjawab demi menciptakan dunia maya yang aman, damai, santun, dan menyejukkan. 

Lebih jauh, BSA GP Ansor Cabang Gresik bakal menyiapkan sejumlah program peningkatan kualitas Sumberdaya Pemuda yang istikamah serta miliki ritme  pengetahuan dan keterampilan pemuda terkait dengan teknologi informasi dan siber. 

“Tujuan akhirnya, BSA GP Ansor Cabang Gresik membentuk generasi muda yang memiliki pemahaman dan kapasitas tentang literasi digital dan kemampuan adaptasi yang tinggi terhadap perubahan, sehingga mereka dapat berkontribusi secara positif dalam membangun masyarakat yang sejahtera dan beradab di lingkungan Gerakan Pemuda Ansor dan sekitarnya,” pungkasnya. 

Harapan Ketua PC GP Ansor Gresik Sementara itu, Ketua Pimpinan Cabang Gerakan Pemuda Ansor Gresik, Abdul Rokhim sangat berharap melalui BSA GP Ansor Gresik, peran Gerakan Pemuda Ansor benar-benar mampu dirasakan manfaatnya bagi yang warga masyarakat Kabupaten Gresik khusususnya untuk jamaah dan jamiyah Nahdlatul Ulama di Kabupaten Gresik.

“Pada intinya, berharap kader GP Ansor Gresik dapat terus beradaptasi dan mengawal sektor siber yang terus berkembang. Sehingga Ansor bisa lebih dinamis dengan perubahan ke depan khususnya literasi digital,” harap Abdul Rokhim. 

Kegiatan yang bakal diikuti oleh delegasi seluruh Pimpinan Anak Cabang (PAC) GP Ansor se-Kabupaten Gresik ini akan menghadirkan narasumber di antaranya; 


Ketua DPRD Gresik, H Abdul Qodir, S.Pd.,

Ketua Komite Komunikasi Digital Gresik Dra. Ninik Asrukin, M.M.,

Koordinator BSA GP Ansor Jawa Timur Zulham Mubarok,

Koordinator Galeri Investasi Syariah PW Ansor Jawa Timur, Ade Permana, dan

Kepala Badan Siber Ansor Cabang Gresik, Bachtiar Syuhri.

Sebagai informasi, gelaran Pengukuhan dan Talkshow bertema; “Bangun Jejak Digital, Dorong Millenial Melek Pasar Modal” bekerjasama dengan Pemerintah Kabupaten Gresik yakni Kominfo Gresik, Komite Komunikasi Digital Gresik, dan juga stakeholder lainnya.(Syafik Hoo)

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda