Keseruan Peringatan Hari Kartini Desa Sombron, Nganjuk Bersama Mahasiswa KKN-T Unesa - Gerbang Nusantara News

06 Juni 2023

Keseruan Peringatan Hari Kartini Desa Sombron, Nganjuk Bersama Mahasiswa KKN-T Unesa

NGANJUK, GNN gerbangnusantaranews.com 

Hari Kartini merupakan hari besar nasional di Indonesia. Peringatan hari Kartini dilakukan sebagai bentuk penghormatan terhadap jasa Raden Ajeng Kartini yang telah memperjuangkan derajat perempuan yang saat itu ditindas oleh kaum patriarki.

Dalam rangka memperingati Hari Kartini, mahasiswa Kuliah Kerja Nyata Tematik (KKN-T) Unesa kelompok 26 Nganjuk bersama dengan sekolah penggerak KB Kasih Bunda dan SD Negeri Sombron mengadakan rangkaian kegiatan yang dilakukan pada Kamis (4/5/2023). Kegiatan ini berlokasi di lapangan SDN Sombron. Peringatan yang seharusnya dilakukan pada 21 April tersebut terpaksa diundur karena bertepatan dengan bulan suci ramadan dan cuti hari raya. 

Kegiatan ini dimulai pukul 08.00 s/d 11.00 WIB dan diikuti oleh para guru dan peserta didik. Acara dibuka dengan upacara bersama yang diikuti oleh seluruh warga KB Kasih Bunda dan SD Negeri Sombron. Selanjutnya adalah pemberangkatan pawai secara simbolis oleh Kepala SD Negeri Sombron. Kegiatan pawai ini dilakukan dengan berkeliling di Desa Sombron sesuai rute yang telah ditentukan. Peserta didik mengenakan baju adat dan membawa atribut seperti poster, ornamen ondel-ondel, dan lain sebagainya.

Setelah pawai, acara dilanjutkan dengan beberapa perlombaan antar kelas. Adapun perlombaan untuk siswa SD meliputi fashion show, kostum terbaik, dan kebersihan kelas.   Tak kalah menarik, peserta didik dari KB Kasih Bunda juga melakukan rangkaian lomba seperti lomba mewarnai dan membuat kolase. Lomba tersebut diikuti oleh siswa dan wali muridnya. Setelah perlombaan, kegiatan ditutup dengan ragam hiburan dan pengumuman juara. 

“Saya merasa sangat termotivasi dengan adanya peringatan ini. Siswa menjadi aktif dan interaktif selama kegiatan berlangsung,” tutur Sunarsih, Kepala SDN Sombron yang ditemui tempo hari.(K-am/red)

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda