Ketua TP PKK Kecamatan Balongpanggang Sangat Mendukung Program Desa Berseri - Gerbang Nusantara News

21 Juni 2023

Ketua TP PKK Kecamatan Balongpanggang Sangat Mendukung Program Desa Berseri

Gresik, GNN gerbangnusantaranews.com 

Hal tersebut disampaikan Ketua TP PKK Kecamatan Balongpanggang Zur'ah Amri saat menghadiri acara kegiatan penilaian lapangan Desa Berseri Tahun 2023 dari Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Jawa Timur, Hari Selasa (20/6/2023) di balai desa Balongpanggang.

Lebih lanjut Zur'ah Amri menyampaikan bahwa pada dasarnya Tim Penggerak PKK kecamatan Balongpanggang sangat mendukung adanya kegiatan Desa Berseri ini, sebab hal ini dititik beratkan pada kegiatan pengelolaan sampah, limbah, penghijauan, pemanfaatan lahan dan juga kebijakan desa yang mendukung lingkungan hidup sehingga hal tersebut bisa mewujudkan desa yang betul betul sehat dan indah.

Disamping itu tujuan desa berseri sangat berkaitan dengan program kerja pokja III seperti gerbang sajadah (Gerakan Bank Sampah Menjadi Berkah ) Yang merupakan wujud nyata dari aku hatinya PKK Yang merupakan kepanjangan dari  Amalkan dan Kukuhkan Halaman Asri Teratur Indah dan Nyaman, terang Zur'ah Amri.

Foto Kegiatan 

Zur'ah Amri juga menyampaikan secara gamblang bahwa :

1. Desa Balongpanggang Kecamatan Balongpanggang Kabupaten Gresik merupakan salah satu desa di Kabupaten Gresik yang saat ini mendapatkan predikat sebagai Desa Berseri Pratama dan saat ini diajukan menjadi kategori desa berseri madya, maka pada hari ini Selasa tanggal 20 Juni 2023 Desa Balongpanggang mendapatkan Penilaian Kunjungan Lapangan dari Tim Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Jawa Timur yang bertujuan untuk memantau eksistensi desa yang sudah mendapatkan penghargaan Desa Berseri pratama dan diajukan menjadi desa berseri madya dalam pengelolaan lingkungan hidup

2. Program Desa Berseri dicanangkan oleh Pemerintah Provinsi Jawa Timur dengan tujuan meningkatkan kapasitas pemerintah desa dan peran serta masyarakat dalam manajemen pelestarian lingkungan sehingga dapat tercipta lingkungan yang bersih dan lestari. Program desa berseri dilaksanakan secara berjenjang, untuk tingkat Provinsi terdapat 3 kategori yaitu Berseri tingkat Pratama penilaiannya pada 2 RW, dan Berseri Tingkat Madya minimal telah mengelola 3 RW. Untuk Berseri tingkat Mandiri minimal mengelola 4 RW atau semua RW apabila pada desa tersebut jumlah RW kurang dari 4.

3. Penilaian desa berseri di titik beratkan pada kegiatan pengelolaan sampah, limbah, penghijauan, pemanfaatan lahan dan juga kebijakan desa yang mendukung kegiatan lingkungan hidup. Di Balongpanggang sendiri terdapat bank sampah tepatnya di dusun Mojoroto yaitu bank sampah lingkungan bersahabat sedangkan di dusun balongpanggang bernama bank sampah secerah pagi. Bank sampah ini juga merupakan program kerja Pokja III TP PKK Kecamatan maupun TP PKK Desa yang bertujuan untuk mengurangi volume sampah dari kegiatan rumah tangga, agar nantinya sampah sampah tersebut bisa di daur ulang, sehingga dapat memiliki nilai ekonomis.

Acara selain tim penilaian (juri) acara tersebut juga dihadiri Kepala desa , TP PKK Desa dan jajaran muspika.(WLO)


Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda