Ludruk Candra Kirana Meriahkan Sedekah Bumi Dusun Jono - Gerbang Nusantara News

03 Juni 2023

Ludruk Candra Kirana Meriahkan Sedekah Bumi Dusun Jono

Gresik, GNN gerbangnusantaranews.com 

Warga Dusun Jono Desa Jono selenggarakan kegiatan sedekah bumi yang biasa disebut dengan "Tegal Deso"  pada Sabtu (03/06/2023), di depan kantor balai Desa Jono dan dimeriahkan dengan pagelaran ludruk Chandra Kirana dari Kemlagi Mojokerto.

Kegiatan tersebut dihadiri oleh Forkopimcam Cerme beserta jajaran (Camat H. Umar Hasyim, Kapolsek, Akp. Mushiram dan Danramil, Kapten Inf. Toyip), Kades Jono Asrun, BPD, seluruh panitia penyelenggara, tokoh agama, tokoh masyarakat dan seluruh masyarakat Dusun Jono.

Kegiatan sedekah bumi Ini  merupakan tradisi turun temurun yang sudah dilaksanakan oleh masyarakat Desa Jono Kecamatan Cerme, Kabupaten Gresik, dan rutin tahun sebagai bentuk rasa syukur terhadap Tuhan Yang Maha Esa atas semua karunia yang diberikan kepada warga selama ini.

”Saya ucapkan banyak terima kasih kepada seluruh warga dusun Jono atas terselenggaranya sedekah bumi yang sudah diadakan tiap tahunnya dan setiap dua tahun sekali sedekah bumi di dusun Jono ini selalu di meriahkan dengan hiburan", ujar Kades Jono H. Asrun dalam sambutannya.

H.Asrun juga menghimbau kepada seluruh masyarakat agar tetap menjaga jaga kesehatannya biarpun saat ini covid-19 sudah tidak seperti dulu lagi tapi kita harus tetap berhati-hati dan selalu menjaga kesehatan kita dengan baik. 

"Selanjutnya ia juga juga menyampaikan bahwasanya pembangunan di Desa pun sudah terlaksana dengan baik dan akan terus kita upayakan untuk kemajuan desa Jono ini dalam hal pembangunan”, ujar H. Asrun.

Sementara Camat Cerme H. Umar Hasyim dalam sambutannya mengatakan bahwa tradisi sedekah bumi ini merupakan tradisi leluhur yang harus kita junjung tinggi dan jangan sampai dihilangkan, karena sedekah bumi merupakan bentuk rasa syukur kita atas rizki yang telah diberikan oleh Allah SWT.

"Untuk pembangunan dan normalisasi terus dilakukan oleh bupati Gresik untuk menanggulangi bencana banjir bahkan pembebasan tanah pun sebagian sudah dilakukan sehingga Alhamdulillah diwilayah Kecamatan Cerme untuk bencana banjir sudah berkurang", ujar Camat, H. Umar.

Selanjutnya Kapolsek Cerme Akp. Mushiram menyampaikan situasi Kamtibmas yang telah terjadi akhir akhir ini yakni pencurian kendaraan bermotor sehingga polri menggalakkan lagi tilang manual untuk mengantisipasi curanmor yang menggunakan plat kendaraan palsu dan juga untuk antisipasi kendaraan yang menggunakan knalpot brong.ujarnya

Sambutan terakhir yang disampaikan oleh ketua panitia, Hadi Purwanto, mengucapkan banyak terimakasih kepada seluruh warga Dusun Jono yang sudah sangat berantusias dan mendukung kegiatan sedekah bumi ini, tanpa bantuan dan dukungan seluruh warga acara sedekah bumi ini tidak akan bisa terlaksana dengan baik.ujarnya

Sedekah bumi di Dusun Jono sudah dimulai sejak hari Kamis (01/06/2023), dengan menggelar istighosah dan manaqib yang dipimpin oleh Imam Hanafi dari Benowo - Surabaya dan ditutup dengan pagelaran Ludruk pada siang dan malam hari.(mhr)


Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda