FGD Kecamatan Kedamean Tentang Pengembangan Usaha Desa Dalam Meningkatkan Pendapatan Desa - Gerbang Nusantara News

27 Juli 2023

FGD Kecamatan Kedamean Tentang Pengembangan Usaha Desa Dalam Meningkatkan Pendapatan Desa

Gresik, GNN gerbangnusantaranews.com  

Dalam upaya mengembangkan usaha dan meningkatkan pendapatan Desa Kecamatan Kedamean menggelar Forum Group Discussion (FGD) dengan tema " Pengembangan Usaha Desa Dalam Meningkatkan Pendapatan Desa" yang dilaksanakan di kantor Kecamatan Kedamean. Rabu (26/07/2023). Siang

Kegiatan FGD tersebut dihadiri oleh Sekretaris Camat (Sekcam) Kedamean Kholifah, S.Pd., M.Pd. tiga narasumber Yakni Wakil DPRD Kabupaten Gresik Mujid Riduan, SH. (PDI Perjuangan), Hj. Ifta Hidayati, SE., (Demokrat) dan Wongso Negoro, S.E., S.H., M.Si., (Golkar) dengan diikuti oleh Sekretaris Desa (Sekdes) Se-Kecamatan Kedamean.

Sekcam Kedamean Kholifah saat membuka acara tersebut menyampaikan kepada undangan yang hadir agar bisa mengikuti FGD ini dengan baik agar apa yang disampaikan oleh ke tiga narasumber yakni anggota DPRD Kabupaten Gresik nanti bisa bermanfaat dalam mengembangkan usaha dan meningkatkan pendapatan desanya masing-masing. 

Dalam paparan materinya Wakil Ketua DPRD Kabupaten Gresik Mujid Riduan mengatakan bahwa Pemerintah mempunyai daya jangkau yang dekat dengan masyarakat lokal yang mempunyai daya wilayah uang cukup untuk memberdayakan sumber daya lokal dan Desa merupakan ujung tombak bagi pembangunan Nasional.

"Oleh karena itu pemerintah terus berupaya mendorong ekonomi desa, Melalui Undang-Undang No 6 Tahun 2014 disebutkan bahwa desa disarankan untuk memiliki suatu badan usaha yang berguna untuk memenuhi kebutuhan masyarakat, terutama kebutuhan pokok dan tersedianya sumber daya desa yang belum dimanfaatkan dan manusia yang mampu mengelola badan usaha sebagai asset penggerak perekonomian masyarakat. Salah satunya adalah Bumdes" tandas Mujid.

Lembaga perekonomian perdesaan sampai sekarang menjadi bagian penting dalam mewujudkan kemandirian ekonomi terutama BUMDes karena BUMDes adalah Lembaga atau badan perekonomian desa yang dibentuk oleh pemerintah desa yang dikelola secara mandiri dengan modal seluruh potensi desa, dengan tujuan untuk meningkatkan perekonomian desa. Untuk mengelola potensi ekonomi desa, sehingga pendapatan Desa meningkatkan perekonomian desa dan kemandirian ekonomi desa berjalan dengan stabil dan masyarakat bisa semakin sejahtera.pungkasnya

Sementara Wongso Negoro menyampaikan bahwa peran BUMDes sangatlah penting bagi peningkatan pendapatan desa untuk itu usaha desa harus bisa dikembangkan dengan baik agar pendapat desa bisa terus meningkat sehingga dengan meningkatnya pendapatan desa maka desa tersebut bisa menuju desa yang mandiri. 

"Meningkatnya usaha desa juga harus didukung dengan infrastruktur jalan yang bagus, untuk itu kita meminta kepada seluruh kepala desa untuk membantu menyampaikan kepada pemerintah kabupaten tentang jalan jalan yang rusak parah dan kita juga akan ikut mengawalnya agar infrastruktur jalan baik itu jalan kabupaten maupun desa bisa segera dilakukan perbaikan" ungkapnya

Selanjutnya Kholifah memberikan kesempatan kepada seluruh undangan yang hadir untuk menyampaikan keluh kesah maupun saran yang nantinya akan dijawab oleh Hj. Ifta Hidayati dan disambung oleh kedua dewan lainnya.(mhr)

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda