FGD Sinergitas Bumdes Dengan UMKM di Kecamatan Kedamean - Gerbang Nusantara News

21 Juli 2023

FGD Sinergitas Bumdes Dengan UMKM di Kecamatan Kedamean

Gresik, GNN gerbangnusantaranews.com 

Dalam rangka mensukseskan program peningkatan ekonomi yang ada didesa melalui Bumdes dan UMKM, Pemerintah Kecamatan  Kedamean menggelar Focus Group Discussion (FGD) di Kantor Kecamatan Kedamean. Kamis, 20/07/2023.

FGD yang bertema “Sinergitas Bumdes dengan UMKM” tersebut diikuti oleh seluruh direktur Bumdes se kecamatan Kedamean dengan menghadirkan tiga anggota DPRD Kabupaten Gresik sebagai narasumber yakni anggota DPRD Kabupaten Gresik Wongso Negoro, S.E., S.H., (F. Golkar), Ali Mahmudi (F. PPP) dan Hj. Siti Fatimah, S.Pd. (F. PKB).

Camat Kedamean Drs. Sukardi, M.M.. saat membuka acara FGD tersebut menyampaikan kepada seluruh undangan yang hadir agar kegiatan ini diikuti dengan tertib dan paparan materi yang nantinya disampaikan oleh ketiga narasumber diharapkan didengarkan dengan baik.

"Dalam pemaparan materi yang nantinya akan disampaikan oleh ketiga dewan ini adalah untuk pengembangan Bumdes dan UMKM yang ada di Desa masing masing, untuk itu agar bisa benar-benar diperhatikan dan tanyakan apapun yang menjadi keluh kesah dalam mengembangkan bumdesnya", pungkas Camat Kedamean Sukardi.

Anggota DPRD Kabupaten Gresik Wongso Negoro saat memaparkan materi mengatakan, Bumdes adalah ujung tombak daripada pergerakan ekonomi yang ada di desa. Ujarnya

"Hasil dari pendapatan asli desa melalui Bumdes dapat memberikan jembatan kepada UMKM, dalam pengembangan Bumdes dengan cara memberikan pelatihan pelatihan kepada UMKM agar dalam mengembangkan Bumdes bisa terus meningkat, untuk itu sinergitas antara Bumdes dan UMKM sangatlah penting dalam mengembangkan suatu Desa menuju Desa yang mandiri", pungkasnya.

Sementara Ali Mahmudi anggota DPRD Gresik dari Partai PPP dalam paparan materinya mengatakan bahwa perekonomian Desa tidak bisa mengandalkan Dana Desa saja akan tetapi bagaimana agar Desa bisa berkembang maju dan mandiri melalui Bumdes dan UMKM untuk itu pemerintah berupaya mendorong agar Bumdes bisa bergerak agar desa bisa menjadi desa yang mandiri dengan pendapat asli desa.

"Bumdes dan UMKM memang tidak  bisa lepas karena bila titik yang satu dengan titik yang lain saling 

Mendorong bagaimana Bumdes bisa berkembang dengan baik maka Desa tersebut akan bisa menuju Desa yang mandiri", ujar Ali Mahmudi.

Selanjutnya Hj. Siti Fatimah anggota DPRD Gresik dari Partai PKB tersebut memberikan kesempatan kepada undangan yang hadir untuk menyampaikan keluh kesah dalam mengembangkan Bumdes yang ada didesa masing masing.(mhr)


Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda