Komite OSIS Nasional Ramaikan Kegiatan MPLS di SMP Negeri 1 Cikoneng - Gerbang Nusantara News

17 Juli 2023

Komite OSIS Nasional Ramaikan Kegiatan MPLS di SMP Negeri 1 Cikoneng

Ciamis, GNN gerbangnusantaranews.com 

Dalam rangka memenuhi undangan secara resmi Komite OSIS Nasional dan rombongan hadiri kegiatan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) SMP Negeri 1 Cikoneng yang berada di Jalan Raya Margaluyu No. 9, Margaluyu, Kecamatan Cikoneng, Kabupaten Ciamis Provinsi Jawa Barat. Senin, 17 Juli 2023.

"MPLS merupakan suatu hal yang sangat penting dan fundamental bagi Peserta Didik baru dalam mengenal lingkungan sekolah untuk kedepannya", ujar Ketua Komite OSIS Nasional Ahmad Wahyu Saputra.

Wahyu mengatakan, sebelum kegiatan belajar dan mengajar dimulai secara Normal , Siswa baru biasanya mengikuti MPLS atau Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah. Masa ini diwajibkan untuk diikuti oleh semua siswa baru agar bisa mengenali ekosistem sekolah.

Wahyu juga menjelaskan bahwa MPLS adalah kegiatan seputar pengenalan sarana dan prasarana sekolah, program sekolah, konsep pengenalan diri, pembinaan awal kultur sekolah, dan pengenalan cara belajar. Kegiatan MPLS ini ditargetkan untuk siswa baru yang masuk kelas 7 di SMP Negeri 1 Cikoneng.

"Pada tahun 2000-an, kegiatan pengenalan sekolah ini lebih dikenal dengan sebutan MOS atau Masa Orientasi Sekolah. Namun, sekarang diubah menjadi MPLS sejak tertuang dalam Permendikbud Nomor 18 Tahun 2016, tentang Pengenalan Lingkungan Sekolah Bagi Siswa Baru", jelasnya.

"Insya Allah kedepannya Komite OSIS Nasional akan terus membantu demi kemajuan serta kesuksesan kegiatan pembinaan kesiswan di seluruh Sekolah se- Indonesia melalui OSIS", Kata Ahmad Wahyu Saputra selaku Ketua Umum DPP Komite OSIS Nasional.

Janan selaku Kepala sekolah SMP Negeri 1 Cikoneng mengatakan bahwa Pada MPLS Tahun ajaran Baru 2023/2024 kali ini, SMP Negeri 1 Cikoneng menerima 320 peserta didik baru dari beberapa daerah di Kecamatan Cikoneng dan sekitarnya.ungkapnya

"Alhamdulilllah Tahun ajaran baru kali SMP Negeri 1 Cikoneng banyak peminatnya tercapai kuotanya 32 Orang perkelas atau rombel dan itu ada 10 Rombel jadi totalnya 320 Orang yang diterima sebagai peserta didik baru", Pungkasnya.

Senada disampaikan secara singkat oleh Caca salah satu Siswa baru dari SDN 3 Cikoneng menyatakan kegembiraannya bisa masuk dan diterima dengan baik di SMPN 1 Cikoneng atau yang dikenal dengan NESACIK. Sekolahnya juga besar, Eskulnya banyak yang bermanfaat, sarana prasarana memadahi serta sikap para gurunya juga sangat ramah, ujarnya dengan hati yang gembira.

Kegiatan ini dihadiri oleh Ketua Umum DPP Komite OSIS Nasional, SEKJEND DPP dan Jajaran, CAMAT Cikoneng, KAPOLSEK Cikoneng, DANRAMIL Cikoneng, KOMITE Sekolah, Paguyuban Orang Tua Siswa, Ketua MKKS SMP Negeri Kabupaten Ciamis sekaligus Ketua DPD II Komite OSIS Nasional Kabupaten Ciamis dan seluruh rombongan DPP, DPD I  Provinsi Jawa Barat serta DPD II Komite OSIS Nasional Kabupaten Ciamis.(mhr)

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda