LPTQ Al-Azhar Gresik Bekerjasama dengan LP4Q PW JQHNU Jawa Timur adakan Pelatihan dan Pembinaan Perkuat SDM Guru Al-Qur'an - Gerbang Nusantara News

06 Juli 2023

LPTQ Al-Azhar Gresik Bekerjasama dengan LP4Q PW JQHNU Jawa Timur adakan Pelatihan dan Pembinaan Perkuat SDM Guru Al-Qur'an

Gresik, GNN gerbangnusantaranews.com 

Sebagai upaya meningkatkan kualitas pendidikan Al-Qur'an di bawah naungan Lembaga Pengembangan Ta'limul Qur'an (LPTQ) Al-Azhar Menganti Gresik, Yayasan Pondok Pesantren Darul Ihsan Menganti Gresik mengadakan program pelatihan dan pembinaan guru Al-Qur'an.

Program pembinaan ini dilakukan sebagai respons terhadap pentingnya peran guru Al-Qur'an dalam membentuk generasi penerus yang berkualitas terutama pada proses belajar membaca dan menulis Al-Qur'an metode tartila.

Program pelatihan dan pembinaan Lembaga Pengembangan Ta'limul Qur'an (LPTQ) Al-Azhar Menganti Gresik berkerjasam dengan LP4Q PW JQHNU Jawa Timur, Metode Tartila. dilaksanakan di Aula Pondok Pesantren Darul Ihsan Gresik, mulai hari Kamis-Sabtu 6-8 Juli 2023. Melalui program ini, guru-guru Al-Qur'an mendapatkan pengetahuan baru tentang metode pengajaran terkini, strategi evaluasi yang efektif, serta pendekatan yang dapat mendorong keterlibatan aktif siswa dalam proses belajar membaca dan menulis Al-Qur'an.

Ketua Lembaga Pengembangan Ta'limul Qur'an (LPTQ) Al-Azhar Menganti Gresik, Bapak H. Nur Kholis, M.Pd.I, mengungkapkan kebanggaannya terhadap program pelatihan dan pembinaan guru Al-Qur'an di semua unit pendidikan mulai Pesantren, RA, MI, MTs, SMP, SMA, MA, SMK dan Perguruan Tinggi. Ia menyatakan, "Kualitas pendidikan Al-Qur'an (membaca dan menulis) sangat ditentukan oleh kualitas guru. Melalui program pelatihan dan pembinaan ini, kami berharap dapat memberikan bekal yang kuat bagi para guru Al-Qur'an (melalui pelatihan dan pembinaan Metode Tarlita dan LP4Q PW JQHNU Jatim) dalam meningkatkan kompetensi mereka dalam mengajar dan menciptakan lingkungan belajar yang memotivasi bagi siswa."

Dalam beberapa tahun terakhir, hasil evaluasi internal menunjukkan adanya peningkatan signifikan dalam kualitas pendidikan Al-Qur'an di semua unit pendidikan dibawah naungan Pondok Pesantren Darul Ihsan Menganti Gresik. Namun, kami terus berbenah agar dapat memberikan pelayanan terbaik bagi siswa terutama dalam belajar membaca dan menulis Al-Qur'an Metode Tartila". Ungkap H. Nur kholis, M.Pd. kepada media.

Dalam kegiatan Pelatihan dan Pembinaan Lembaga Pengembangan Ta'limul Qur'an (LPTQ) Al-Azhar Menganti Gresik berkerjasam dengan LP4Q PW JQHNU Jawa Timur, Metode Tartila, dihadiri oleh seluruh guru Al-Qur'an (pada semua unit lembaga pendidikan dibawah naungan pesantren Darul Ihsan Menganti), Ketua LPTQ Al-Azhar dan KH. Khoiruddin selaku ketua LP4Q PW JQHNU Jawa Timur, Ustad Muyhiddin dan Ustad Sukarno selaku pemateri kegiatan pelatihan dan pembinaan selama 3 hari ini.(hoo)

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda