Semarak Sarat Manfaat Warnai Dies Natalis ke-1 Tim Melek Industri Santri Nusantara Bersatu - Gerbang Nusantara News

28 Juli 2023

Semarak Sarat Manfaat Warnai Dies Natalis ke-1 Tim Melek Industri Santri Nusantara Bersatu

GRESIK, GNN gerbangnusantaranews.com 

Rangkaian Kegiatan Dies Natalis ke-1 Tim Melek Industri Santri Nusantara Bersatu benar-benar semarak dan sarat manfaat. Dimulai pada Hari Kamis, Tanggal 27 Juli 2023 Rangkaian Kegiatan Pertama, yaitu Kegiatan Renungan di Mabes dan  jagongan aspiratif bersama Para Pekerja Santri.

Selanjutnya, pada Hari Jumat, Tanggal 28 Juli 2023, Rangkaian Kegiatan Kedua, yaitu Penyiapan SDM (Sumber Daya Manusia) Pekerja Santri melalui Giat Penutupan Pelatihan SMAW.

Pembina Tim Melek Industri Lestari Widodo menyampaikan ucapan terima kasih kepada semua pihak yang hadir, yakni Bu Dyah Roro Esty DPR RI Komisi VII 

(hadir secara virtual) yang selalu supporting dan aspiratif dalam setiap program-programnya. BDI. Surabaya Kementerian Perindustrian RI, BLKK PP Al-Ishlah, pelaku industri ( BKMS JIIPE, Freport, Petrosea), serta Muspika Kecamatan (Camat, Kapolsek, Koramil). 

Tim Melek Industri sebagai Gerakan Masyarakat dengan Jargon Peduli, Terpanggil, Bergerak, Hadir, Alhamdulillah sudah genap berusia 1 tahun 1 hari, lahir 27 Juli 2023. Dalam masa satu tahun, Alhamdulillah sudah banyak yang diperbuat. Pendampingan, Konselling, Penyiapan SDM, bahkan Membangun jaringan kemitraan pada berbagai pihak.

"Kegiatan Ngaji Industri rutin, menjadi strategi menjaga kearifan lokal. Harapannya agar calon dan pekerja santri bisa peka dan sinergi sekaligus mutualisme dengan Dunia Industri. Saat ini, Ngaji Industri sudah pada Episode yang ke-33," ungkap Kang Widodo sapaan akrabnya.

Harapan ke depan, Mohon Doa dan Supportnya, pada semua pihak agar Keberadaan Tim Melek Industri bisa bermanfaat. Bismillah.

Sementara Ir. KH.Moh.Hamdan dari BLKK Ponpes Al Ishlah Bungah mengucapkan terima kasih pada semua pihak, khususnya pada Penggerak Melek Industri yang digawangi Pak Widodo.

"Pekerja Santri, merupakan branch yang baik dan harus selalu dikembangkan sebagai identitas moral. Pesen saya para para pemuda, janganlah patah semangat, meskipun tidak sesuai dengan jurusannya," ujarnya. 

Di tempat yang sama, Tim Freport Indonesia Hendra Permana mengatakan, dirinya dan Tim Freport Indonesia, sebagai bentuk supporting nyata hubungan baik dengan Gerakan Masyarakat TimMelek Industri yang dibina Pak Widodo dan timnya.

Koordinasi selalu dilakukan setiap saat dengan tujuan menyamakan persepsi dan progres industrialisasi, supaya lebih link and match serta berkelanjutan.

"Penyiapan SDM yang menjadi fokus gerakan Melek Industri, seperti diklat pengelasan ini, kita berusaha mathcingkan dengan kebutuhan industri. Alumni diklat, segera saja dimasukkan dalam data base MS.Pedia," tandasnya. 

Hal senada juga disampaikan Mifti Haris dari BKMS JIIPE. Ia mewakili BKMS JIIPE sangat mengapresiasi Gerakan Masyarakat dari Tim.Melek industri dengan Branch Pekerja Santri. Progres di kawasan JlIPE mulai ada perkembangan sangat baik, para investor mulai masuk. Maka dari itu, marilah kita jaga kondusivitas.

"Kedisplinan dan Attitude adalah bekal baik yang digelorakan oleh Tim Melek Industri. Ada sebuah harapan ke depan , bahwa para pemuda tidak hanya masuk sebagai pekerja saja di dunia industri, tapi juga mengembangkan jiwa intepreneur," katanya dengan nada salut atas capaian dari Tim Melek Industri. 

Dan yang ditunggu-tunggu, Dyah Roro Esty anggota DPR RI mengucapkan banyak terima kasih pada semua pihak, sehingga kegiatan diklat pengelasan ini bisa berjalan dengan baik. Mohon maaf juga, tidak bisa hadir secara fisik, dan secara virtual saja, mengingat berbarengan dengan banyaknya kegiatan di Senayan. 

Menurutnya, penyiapan SDM yang berskill baik, apalagi bersertifikasi menjadi konsentrasinya dalam memberikan yang terbaik pada warga masyarakat Gresik, termasuk Lamongan agar bisa mendapatkan peluang bekerja dalam dunia industri.

Kita ke depan akan menyongsong Indonesia Emas pada Tahun 2045, maka dari itu mari sebagai warga negara berbuat baik pada negara kita tercinta.

"Bonus Demografi, kita jadikan keberkahan warga masyarakat di sekitar perusahaan. Bersinergi serta kolaborasi bersama-sama terus kita kuatkan supaya kondusivitas bisa berjalan dengan baik pula," tegas Mbak Roro sapaan akrabnya penuh semangat. 

Untuk diketahui, Rangkaian Kegiatan Ketiga Dies Natalis ke-1 Tim Melek Industri Santri Nusantara Bersatu, yaitu Jumat Berkah, berbagi dengan Para Pekerja Proyek di JIIPE. Para relawan pekerja santri berbagi nasi bungkus kepada para pekerja Proyek JIIPE, dan masyarakat umum dengan tujuan berbagi, menanamkan silaturahmi, agar terbangun kekuatan Kebhinekaan yang kuat antar sesama anak bangsa yang sama-sama berjuang mengais rezeki.

Dan Rangkaian Kegiatan keempat, yakni Tim Melek Industri bersama Pekerja Santri bersilaturahmi kepada Para Kyai, Tokoh Masyarakat dengan Tujuan mohon doa dan support, sekaligus wejangan untuk menanamkan serta menguatkan karakter santri, sekaligus kearifan lokal. (Didik Hendri Telisik Hati)

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda