Tiga Tumpeng Raksasa dan Ludruk Meriahkan Sedekah Bumi Dusun Dukuh Desa Katimoho - Gerbang Nusantara News

16 Juli 2023

Tiga Tumpeng Raksasa dan Ludruk Meriahkan Sedekah Bumi Dusun Dukuh Desa Katimoho

Gresik, GNN gerbangnusantaranews.com 

Tiga tumpeng raksasa ramaikan tradisi sedekah bumi Dusun Dukuh Desa Katimoho Kecamatan Kedamean Kabupaten Gresik pada hari Minggu, 17/07/2023.

Dusun Dukuh yang memiliki 3 RT tersebut masing masing membuat tumpeng ber ukuran besar yang dihiasi berbagai macam hasil bumi. Tiga tumpeng raksasa tersebut di bawah arak arakan warga keliling Dusun, kemudian diletakkan di lapangan pusat acara tersebut dilaksanakan.

Hadir dalam kegiatan tersebut, kepala desa (Kades) Katimoho Rini beserta seluruh jajaran perangkat Desa Katimoho, Tokoh Agama dan Tokoh Masyarakat serta dikuti oleh seluruh masyarakat Dusun Dukuh.

Hidayat selaku Kepala Dusun (Kasun) Dukuh dalam sambutannya mengucapkan banyak terimakasih atas segala dukungan partisipasi dan antusias warga Dusun Dukuh yang sudah sangat rukun, guyup dan kompak untuk merayakan sedekah bumi Dusun Dukuh kali ini.Tanpa dukungan dan antusiasnya acara sedekah bumi ini tidak akan bisa berjalan dengan baik, ujarnya.

Hidayat mengungkapkan bahwa sedekah bumi Dusun Dukuh kali ini adalah sedekah bumi yang paling meriah dari pada ditahun tahun sebelumnya. Kekompakan masing-masing RT dalam membuat tumpeng raksasa yang kemudian di bawah arak arakan keliling Dusun membuat acara sedekah bumi Dusun Dukuh kali ini menjadi ramai dan sangat sangat meriah.ungkapnya

Sementara Kades Katimoho Rini juga mengucapkan banyak terimakasih kepada seluruh warga Dusun Dukuh yang sudah melaksanakan sedekah bumi kali ini dengan sangat meriah sekali, ungkapnya 

"Sedekah bumi ini merupakan tradisi leluhur yang harus terus kita lestarikan, karena tradisi sedekah bumi ini adalah bentuk rasa syukur kita kepada yang maha kuasa (Allah SWT) yang telah memberikan rahmatnya kepada kita semua  dalam bentuk kesehatan, rizki dan juga hasil bumi yang melimpah", ujar Rini Kades Katimoho.

Semoga dengan tetap kita lestarikan tradisi ini kita semua tetap diberi banyak limpahan rezeki dan dijauhkan dari bahaya oleh Yang Maha Kuasa sehingga ditahun tahun berikutnya kita bisa tetap melaksanakannya, pungkasnya.

Selain meramaikannya dengan tumpeng raksasa, kegiatan sedekah bumi Dusun Dukuh pada malam harinya juga diramaikan dengan pagelaran Ludruk Budhi Wijaya dari Ngusikan Jombang.(mhr)

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda