Sedekah Bumi Dusun Ngasinan Dimeriahkan Jalan Sehat Ogoh-Ogoh dan Wayang Kulit - Gerbang Nusantara News

16 Juli 2023

Sedekah Bumi Dusun Ngasinan Dimeriahkan Jalan Sehat Ogoh-Ogoh dan Wayang Kulit

Gresik, GNN gerbangnusantaranews.com 

Ramaikan acara sedekah bumi Dusun Ngasinan Desa Kepatihan Kecamatan Menganti Kabupaten Gresik menggelar jalan sehat disertai ogoh-ogoh. Minggu, 16/07/2023, pagi

Kegiatan jalan sehat yang disertai arak arakan tumpeng dan aneka macam ogoh-ogoh yang dipanggul bersama sama yang dimulai dengan start di halaman Ruko Paragon berjalan menuju Dusun Kepatihan untuk mengumpulkan kupon dorprize dan kembali ke Dusun Ngasinan sebagai Finish.

Arak arakan tersebut terlihat sangat meriah terbukti disepanjang jalan raya banyak sekali warga yang menyaksikan jalan sehat ogoh-ogoh tersebut.

Zainudin selaku Kepala Dusun (Kasun) Ngasinan menjelaskan bahwa kegiatan jalan sehat dengan membawa ogoh-ogoh ini adalah bagian dari rangkaian acara sedekah bumi Dusun Ngasinan." Kemarin malam kita adakan pengajian dan istiqosah pagi hari ini jalan sehat dan puncak acaranya yaitu nanti malam dengan menampilkan pagelaran wayang kulit", jelasnya.

Ia juga menambahkan bahwa sedekah bumi ini merupakan tradisi turun temurun yang sudah dilaksanakan oleh warga Dusun Ngasinan setiap tahunnya, sebagai ungkapan rasa syukur kita kepada yang maha kuasa yang telah memberikan rahmat serta hidayahnya kepada kita semua.ungkapnya

"Sebelum arak arak an malam harinya kami juga mengadakan Pengajian bersama KH. Dhofir Ahmad dari Surabaya yang diikuti oleh seluruh warga Dusun Ngasinan dan juga warga dari luar", ujar Zainudin.

Zainudin juga mengucapkan terimakasih kepada seluruh masyarakat Dusun Ngasinan yang sudah berantusias dan kompak sekali. Terimakasih juga saya ucapkan kepada para remaja karang taruna, linmas dan juga jajaran TNI/Polri yang sudah mengawal acara ini dengan baik sehingga arak arakan dalam rangka sedekah bumi Dusun Ngasinan ini bisa berjalan dengan baik dan lancar, pungkasnya.

Berbagai macam hadiah dorprize pun sudah dipersiapkan oleh panitia dari sepeda listrik, kulkas, TV, kipas angin dan banyak hadiah hiburan lainnya kemudian malam harinya juga diramaikan dengan pagelaran wayang kulit Ki dalang Sugilar Khondo Bawono dari Mojokerto dengan lakon"Gatot Kaca Nagih Janji".(mhr)

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda