Desa Cermelor Lestarikan Budaya, Melalui Tradisi Sedekah Bumi - Gerbang Nusantara News

26 Agustus 2023

Desa Cermelor Lestarikan Budaya, Melalui Tradisi Sedekah Bumi

Gresik, GNN gerbangnusantaranews.com 

Sedekah bumi adalah suatu upacara adat yang melambangkan rasa syukur kepada Tuhan yang telah memberikan rezeki melalui bumi berupa segala bentuk hasil bumi seperti yang juga dilakukan hari ini, Sabtu ( 26/08/2023) oleh warga Cerme Lor Kecamatan Cerme Kabupaten Gresik.

Acara Sedekah bumi di Desa Cerme Lor dimulai dengan melaksanakan tasyakuran, membaca Yasin dan tahlil bersama seluruh warga di pesarean atau makam leluhur "Eyang Senari dan Nyai Siti Sundari" yang berada di jalan raya Cerme Lor dengab masing-masing warga membawa nampan yang berisi nasi dan beraneka makanan.

Kepala Desa Cerme Lor H. Arifin mengatakan bahwa Sedekah Bumi di Desa Cerme Lor ini merupakan tradisi yang sudah dilakukan sejak jaman nenek moyang kita terdahulu hingga saat ini. Tradisi ini kita lakukan sebagai bentuk rasa syukur kita kepada Allah SWT yang mana selama satu tahun ini kita semua telah diberikan Rahmat serta hidayahnya, ungkapnya.

"Sedekah bumi ini dilakukan juga sebagai bentuk rasa hormat kita kepada para leluhur kita terdahulu yang mana tanpa adanya para leluhur kita mungkin Desa Cerme Lor ini tidak ada", imbuhnya.

H. Arifin juga berharap dengan kita semua selalu melestarikan budaya warisan para leluhur kita ini kita semua warga masyarakat Desa Cerme Lor selalu diberikan kesehatan dan rizki oleh Allah SWT serta di jauhkan dari segala bala', harapnya.

"Tak Lupa ia juga menyampaikan kepada seluruh masyarakat untuk bisa datang ke pendopo Balai Desa Cerme Lor untuk menyaksikan pagelaran wayang kulit semalam suntup", pungkasnya.

Usai membaca Yasin dan tahlil nampan yang berisi aneka makanan yang dibawah oleh warga di makan secara bersama sama dan sebagian dibawah pulang.(mhr)

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda