INSIDA HADIRI TALKSHOW PKBI JAWA TIMUR DAN SATGAS PPKS UNIVERSITAS 17 AGUSTUS SURABAYA - Gerbang Nusantara News

17 Agustus 2023

INSIDA HADIRI TALKSHOW PKBI JAWA TIMUR DAN SATGAS PPKS UNIVERSITAS 17 AGUSTUS SURABAYA

Gresik, GNN gerbangnusantaranews.com 

PKBI Daerah Jawa Timur bekerja sama dengan Satgas PPKS UNTAG Surabaya dengan menggelar Talkshow  peran mahasiswa sebagai upaya dan ikhtiar dalam pencegahan dan penanganan kekerasan seksual dilingkungan Perguruan Tinggi (PT) serta untuk mewujudkan lingkungan perguruan tinggi yang bebas dan aman dari kekerasan seksual, PKBI Jawa Timur selenggarakan kegiatan talkshow di UNTAG pada Selasa, 15 Agustus 2023.

Adapun sebelumnya PKBI Jatim melalui program inklusi telah menjalin kerjasama dalam peningkatan kapasitas satgas PPKS di beberapa universitas, diantaranya adalah FBS UNESA, FISIP Universitas Brawijaya, IIK Kediri, Universits Dinamika, dll.

Disamping itu juga menjalin kerjasama dengan berbagai universitas menjadi peran PKBI JATIM dalam pemenuhan kebutuhan Kesehatan reproduksi serta pencegahan kekerasan di lingkup perguruan tinggi.

Diketahui talkshow dihadiri lebih dari seratus mahasiswa dan mahasiswi UNTAG Surabaya, perwakilan mahasiswa/i Satgas PPKS dari beberapa Universitas yakni UBAYA, INSIDA Gresik, UINSA, ITS Surabaya, dan UNAIR Selain itu dihadiri pula oleh berbagai instansi yang dapat mendukung gerakan inklusi sosial ini diantaranya  MAFINDO Surabaya dan YKYU (Yayasan kasih Yang Utama).

Para peserta mendapatkan wawasan mendalam mengenai berbagai aspek kekerasan seksual, termasuk definisi, jenis-jenis, faktor penyebab, dan dampaknya terhadap korban. Selain itu, acara ini juga membahas langkah konkret dalam pencegahan dan penanganan kekerasan seksual, serta peran penting mahasiswa dalam menciptakan lingkungan perguruan tinggi yang aman dan bebas dari kekerasan.

Rektor INSIDA Dr.H.A.Syifa'ul Qulub,S.Ag.M.EI., berharap, kegiatan ini menjadi langkah awal dalam membangun dan mengakselerasi kesadaran kolektif dalam pencegahan serta penanganan kekerasan seksual di lingkungan perguruan tinggi. 

PKBI Jatim dan Satgas PPKS UNTAG Surabaya berkomitmen untuk terus bekerja sama dalam upaya menjadikan perguruan tinggi sebagai tempat yang aman dan inklusif bagi semua mahasiswa.(rus)

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda