Lestarikan Bahasa Jawa Melalui Inovasi Pembelajaran Pada Jenjang Pendidikan Dasar - Gerbang Nusantara News

23 Agustus 2023

Lestarikan Bahasa Jawa Melalui Inovasi Pembelajaran Pada Jenjang Pendidikan Dasar

Gresik, GNN gerbangnusantaranews.com

Hal tersebut disampaikan oleh Nikmatul Mufidah Guru Bahasa Jawa SDNU 1 Trate Gresik, disela sela kesibukannya sebagai sebagai guru Di lembaga tersebut (23/8/2023).

Lebih lanjut Nikmatul Mufidah menjelaskan bahwa Bahasa Jawa merupakan bahasa leluhur suku Jawa yang saat ini masih dilestarikan sebagai mata pelajaran bagi anak anak SD terutama SD di Kab Gresik.

Tentunya hal itu sangat menyenangkan. Seiring dengan banyaknya penggunaan bahasa Indonesia dan bahasa inggris sebagai alat komunikasi sehari hari, jelasnya.

Agar anak anak menyukai bahasa Jawa, maka guru memiliki peranan penting dalam melakukan pembelajaran yang menyenangkan, terlebih pengajaran ini dilakukan pada anak anak kelas 1 dimana pada masa itu anak anak mengalami transisi dari pendidikan anak usia dini ke jenjang Sekolah Dasar, tandasnya.

Selain itu Ia mengatakan bahwa Inovasi dalam pembelajaran sangat penting untuk meningkatkan tingkat kecintaan mata pelajaran pada anak anak.

Ia juga mengatakan " Bahasa Jawa memang digunakan sehari hari, namun karena banyak pengunaan bahasa Indonesia dalam kehidupan sehari hari, maka saya harus lebih meningkatkan penggunaan kata dalam bahasa Jawa karena anak anak mengenal istilah istilah Jawa atau kromo yang mungkin sebelumnya tidak digunakan dirumah".

"Kendati demikian saya selalu berfikir kreatif untuk bisa memberikan pelajaran yang menyenangkan, sehingga anak anak tidak merasa kesulitan dan merasa bahagia dengan keseruan bahasa Jawa". Tambah Mufidah

Seiring dengan masuknya ragam bahasa, saat ini pelajaran Bahasa Jawa perlu terus ditingkatkan agar agar anak menyukai bahasa Jawa 

"Belajar menyenangkan merupakan prinsip mengajar bagi kami terlebih pada kelas 1 SD karena mereka msh dalam transisi dari pendidikan anak usia dini", tutup mufidah.(WLO)


Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda