Lomba Musik Tradisional "Lesong" Semarakkan HUT RI Ke 78 RI di Desa Delegan Panceng - Gerbang Nusantara News

16 Agustus 2023

Lomba Musik Tradisional "Lesong" Semarakkan HUT RI Ke 78 RI di Desa Delegan Panceng

Gresik, GNN gerbangnusantaranews.com 

Semarak HUT RI Ke 78 berbagai macam kegiatan yang dilakukan oleh warga masyarakat seperti Karnaval, lomba lomba, Upacara, renungan ternasuk lomba Musik tradisional Lesung. Seperti yang dilakukan oleh Pemerintah Desa (Pemdes) Dalegan Kecamatan Panceng. Akan menggelar lomba Musik tradisional dengan media Lesung. Yang akan di laksanakan pada tanggal 20 agustus 2023 di wisata pasir Putih Dalegan Panceng.

Untuk di ketahui lomba Musik tradisional Lesung ini akan diikuti oleh 20 group peserta dari RT dan RW Desa Dalegan Kecamatan Panceng. Dengan tujuan membangkitkan musik tradisional yang dulu menjadi tanda peringatan, rasa syukur, dan hiburan bagi warga masyarakat di era zaman itu.

Seperti yang dilakukan oleh RT 01 RW 01 sekelompok ibu ibu dengan semangatnya melakukan latihan musik Lesung untuk persiapan lomba yang akan datang dengan kompaknya memainkan musik tradisional dengan alat "alu" pimpinan musik tradisional Nur Hidayati mengatakan, Alhamdulillah kita bisa mengikuti lomba ini dalam rangka semangat kemerdekaan RI ke 78," kita ingin mengenalkan dan membangkitkan musik tradisional kepada para generasi muda yang pada saat ini musik tradisional hampir punah," ujarny

"Maka dengan lomba ini kita mengedukasikan brand musik ini untuk kita rawat dengan mempertahankan budaya warisan dari nenek moyang kita," insyaallah lagu lagu yang kita tampilkan di lomba nanti adalah Indonesia raya dan perahu layar dan lagu lagu semangat kemerdekaan yang lainya," jelas Mbak Nur Hidayati kepada media (16/8/2023)

Dirinya berharap kegiatan lomba semacam ini tidak hanya bersifa lokal saja melainkan warga di setiap Desa seluruh Kabupaten Gresik. Karena ini bagian warisan budaya yang harus kita pertahankan dan kita lestarikan dengan keberlangsungan ke generasi berikutnya," tutupnya dengan penuh semangat (Syafik Hoo)

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda