Sebagai Wujud Syukur Dusun Kutil Desa Gempol Kurung Gelar Sedekah Bumi - Gerbang Nusantara News

26 Agustus 2023

Sebagai Wujud Syukur Dusun Kutil Desa Gempol Kurung Gelar Sedekah Bumi

Gresik, GNN gerbangnusantaranews.com 

Sebagai wujud rasa syukur atas segala limpahan rahmat dan rizki yang didapat, masyarakat di Dusun Kutil Desa Gempol Kurung Kecamatan Menganti Kabupaten Gresik pada hari ini, Sabtu (26/08/203) menggelar tradisi sedekah bumi.

Tradisi sedekah bumi ini merupakan salah satu kearifan lokal adat istiadat yang masih bertahan di Gresik hingga kini. Tradisi sedekah bumi ini sudah berlangsung secara turun temurun sejak dari nenek moyang atau para leluhur terdahulu.

Saat tradisi sedekah bumi ini berlangsung, tampak para warga Dusun Kutil Desa Gempol Kurung secara beriringan membawa nampan yang sudah terisi makanan dan jajanan untuk dibawa ke tempat acara dilaksanakan yakni di RT 05 RW 01 Dusun Kutil.

Suwandi selaku Ketua RW dalam sambutannya mengucapkan rasa syukur atas karunia yang telah diberikan oleh Allah SWT sehingga kita semua masih bisa mengadakan kegiatan sedekah bumi yang mana kegiatan ini merupakan kegiatan yang setiap tahun diadakan, ucapnya.

"Sedekah bumi ini merupakan tradisi warisan para leluhur yang mana kegiatan ini sebagai wadah silaturahmi, sebagai ungkapan rasa syukur kita atas alam sekelilingnya dan sebagai bentuk rasa penghormatan kita kepada para leluhur", ungkap Suwandi.

Suwandi berharap tradisi sedekah bumi ini bisa terus dijunjung tinggi dan terus dilestarikan serta bisa terus ditularkan kepada para generasi muda sebagai kegiatan yang positif sehingga tradisi sedekah bumi ini bisa terus di laksanakan oleh anak cucu kita kelak, harapnya.

Usai sambutan acara dilanjutkan dengan acara tasyakuran dengan membaca Yasin dan tahlil secara bersama sama dan pada malam harinya juga akan dimeriahkan dengan pagelaran ludruk Budi Wijaya dari Jombang.(mhr)

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda