Ratusan Santri Ikuti Gowes Onthel Napak Tilas Mbah KH. Musthofa Abdul Karim Pendiri Ponpes Tarbiyatut Tholabah Kranji Paciran Lamongan - Gerbang Nusantara News

21 September 2023

Ratusan Santri Ikuti Gowes Onthel Napak Tilas Mbah KH. Musthofa Abdul Karim Pendiri Ponpes Tarbiyatut Tholabah Kranji Paciran Lamongan

Gresik, GNN gerbangnusantaranews.com 

Ratusan santri dan warga Masyarakat ikut hadiri giat Gowes Napak Tilas  dengan bersepeda Onthel sebagai tanda khidmah napak tilas perjuangan sejarah kepada Mbah KH Musthofa Bin KH Abdul Karim pendiri Ponpes Tarbiyatut Tholabah Kranji Paciran Lamongan. Kegiatan ini juga sebagai tanda peringatan Haul Mbah KH Musthofa ke 75 tahun. Di tahun 2023. Diinformasikan bahwa asal Mbah KH Musthofa berasal dari Desa Tebuwung Kecamatan Dukun yakni dari Ponpes Alkarimi putra dari Mbah KH Abdul Karim pendiri Ponpes Alkarimi. Napak tilas tersebut memberikan edukasi bahwa Mbah KH Musthofa saat hijrah ke Desa Kranji Lamongan yakni berdakwah dan mendirikan Pondok Tarbiyatut Tholabah dengan menggunakan Media sepeda Onthel dengan jarak tempuh sekitar 50 Km. Hal ini menandai bahwa keteguhan dan semangat berdakwah Mbah KH Musthofa patut di edukasi dan di Inspirasikan kepada para santri pada saat ini. Kegiatan napak tilas tersebut start terpusat di gedung timur YPP Alkarimi Tebuwung dan finish di Ponpes Tarbiyatut Tholabah Kranji Paciran Lamongan (21/9/2023).

KH. Fathur Rohman Ketua YPP Tarbiyatut Tholabah Kranji mengucapkan terimakasih atas sambutanya kepada Keluarga Ponpes Alkarimi yang sudah melayani kami baik dalam penempatan tempat sepeda napak tilas dan tehnis lainya," Alhamdulillah semarak napak tilas ini bagian dari perjuangan Mbah Musthofa dalam syiar Islam dan mendirikan ponpes Tarbiyatut Tholabah Kranji," ujarnya saat sambutan Napak Tilas.

Lebih jauh ia menambahkan, kegiatan napak tilas ini tentu menjadi penting bagi kalangan santri dan masyarakat bahwa Mbah KH Musthofa berasal dari Desa Tebuwung ponpes Alkarimi putra dari KH Abdul Karim pendiri ponpes Alkarimi Tebuwung," semoga kedepanya semakin semarak dan kegiatan napak tilas ini bisa dilaksanakan secara Istiqomah tiap tahun serta bermanfaat untuk santri dan masyarakat umum," dan kami juga menghimbau kepada seluruh peserta napak tilas untuk menggelar Tahlil dan doa bersama di Makbaroh KH Abd Karim pendiri ponpes Alkarimi Tebuwung setelah itu bisa dilanjutkan lagi perjalanan napak tilasnya ke ponpes Tabah," imbuhnya.

Sementara itu Ketua YPP Alkarimi KH Murtadlo Abdullah berharap kegiatan napak tilas ini bisa dijadikan suri Tauladan bagi generasi berikutnya dalam perjuangan Mbah Musthofa dalam jihad berdakwah untuk risalah kebaikan dan pendirian pondok Tarbiyatut Tholabah," semoga bermanfaat untuk khidmah kita," ungkap Yai Murtadlo kepada media.

Turut hadir pada pembukaan Napak Tilas KH Musthofa Bin KH Abd Karim yakni : Pengasuh Ponpes Alkarimi KH Abd Muhshi, ketua pengurus YPP Alkarimi KH Murtadlo Abdullah dan jajaranya, pengurus Ikbal Tabah, Panitia Napak tilas Ponpes Tabah, Civitas akademika Se YPP Alkarimi, kepala Madrasah dan kepala sekolah se YPP Alkarimi serta puncak kegiatan Haul KH Musthofa dan para Musyayikh Ponpes Tarbiyatut Tholabah ke 75 dengan pengajian akbar akan dilaksanakan pada hari Sabtu, 23 September 2023 bertempat di Halaman Ponpes Tarbiyatut Tholabah Kranji Paciran Lamongan. Pada akhir acara napak tilas diundi doorprize menarik untuk para peserta. (Syafik Hoo)

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda