Visitasi Jelajah Heritage Kampung Lawas Kebungson "BLAKRAAN" Bersama Paguyuban Cak dan Yuk Gresik - Gerbang Nusantara News

28 Oktober 2023

Visitasi Jelajah Heritage Kampung Lawas Kebungson "BLAKRAAN" Bersama Paguyuban Cak dan Yuk Gresik

Gresik, GNN gerbangnusantaranews.com

Heritage Kampung Lawas Kebungson hadirkan berbagai pesona exotic yang terintegrasi  baik klasik maupun modern, hal ini menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan untuk BLAKRAAN (berkunjung dan berkeliling) tempat tersebut, seperti yang dilakukan Paguyuban Cak Dan Yuk Gresik, Jumat, 27 Oktober 2023.

Blakraan tersebut diikuti oleh Cak Nurman Juara Favorit Cak Yuk 2021, Yuk Melinda Finalis Cak Dan Yuk 2021, Yuli Chistinawati mak mak Pokdarwis Kebungson, Anggota Paguyuban Cak dan Yuk Kabupaten Gresik, Perwakilan Pokdarwis Kebungson, Perangkat Kelurahan Kebungson.

Dari keseluruhan yang hadir, mereka antusias menjelajahi kampung lawas kebungson yang dimulai dari stasiun Grissee, kampung lawas kebungson, makam nyai ageng pinatih, umkm ekraf pada rumah kembar dan omah batik gajah mungkur, acara di pandu langsung ala ala guide wisata oleh Gus Lurah Kebungson M. Fither Kuntajaya, ST. MM. 

Kepala Kelurahan Kebungson yang familiar dengan sapaan Gus Lurah menuturkan bahwa dketahui bersama kampung lawas kebungson merupakan heart of bandar grissee yg menjadi Nominator Juara East Java Tourism Awards 2023 yang diselenggarakan oleh Disbudpar Provinsi Jawa Timur dengan penghargaan dari Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa. 

Gus Lurah juga menceritakan selain walking tour dikenalkan teknik membuat ecoprint di heritage omah kembar kebungson dengan dipandu UMKM Ekraf Ecoprint Roro Fitri Mariana. 

Disamping itu rombongan juga diajak berziarah dan doa bersama ke komplek pesarean Nyai Ageng Pinatih, menyusuri keindahan heritage kampung lawas kebungson sampailah di Omah Batik Gajah Mungkur ditemui langsung oleh Pengelola. Cak Khoiri, selain indahnya arsitektural omah Gajah Mungkur, rombongan diajak masuk Gallery Batik Omah Gajah Mungkur yang juga Nominator Juara ANUGERAH PESONA INDONESIA 2023, terang Gus Lurah.

Setelah puas bakraan dan blusukan di kampung lawas Kebungson Gus Lurah mengajak rombongan menikmati kuliner khas Gresik yakni Nasi Krawu Buk Marjani, jelas Gus Lurah sembari mengatakan lengkap sudah visitasi jelajah kampung lawas kebungson mulai wisata Heritage, Religi, Ekonomi Kreatif dan Arsitektural, tak salah jika Kebungson layak menjadi potensi daya tarik wisata sesuai nawakarsa bupati Gresik. H. Fandi Akhmad Yani. SE. 

Gus Lurah berharap semoga dengan adanya penataan pariwisata yang terarah dan dukungan masyarakat kebungson serta semua pentahelix bisa membuat geliat ekonomi masyarakat dan wisata yang berkelanjutan, harapnya sambil menunjukkan katalog dan peta potensi kampung lawas Kebungsong.(WLO)


Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda