Langka Kongkrit Desa Bambe Wujudkan Bambe Bersinar Melalui Fasilitasi P4GN Bersih Narkoba - Gerbang Nusantara News

27 Oktober 2023

Langka Kongkrit Desa Bambe Wujudkan Bambe Bersinar Melalui Fasilitasi P4GN Bersih Narkoba

MOJOKERTO, GNN gerbangnusantaranews.com

Pemdes, BPD, Karang Taruna beserta komponen masyarakat desa Bambe Kecamatan Driyorejo satukan gerakan dalam upaya P4GN guna mewujudkan masyarakat Gresik yang sehat, bebas dari penyalahgunaan dan peredaran gelap narkoba, serta mendukung visi pemerintahan Kabupaten Gresik, yaitu terciptanya sumber daya manusia yang agamis, adil, sejahtera, dan berkehidupan yang berkualitas dan kompetitif di segala bidang,

Kegiatan yang dikuti 125 orang tersebut serius dalam mengikuti pembinaan dan penyuluhan dari Basuki Risdiyanto, S.Pd,MM. Sub. Koordinator Bidang P2M BNN Gresik dan Wawasan Kebangsaan dari salah satu perguruan tinggi di Surabaya. 

Kegiatan yang bertemakan Desa Bambe BERSINAR (Bebas Narkoba) dikemas dalam bentuk outbond yang menyatu dengan suasana alam sangat menyentuh dan menarik ini digelar di lokasi alam salah satu desa Sajen, Kec. Pacet - Mojokerto Sabtu – Minggu (14-15 Oktober 2023) juga dihadiri oleh Forkompimcam Driyorejo 

Camat Driyorejo dalam hal ini diwakili oleh H. Sarbini Plt. Sekretaris Camat mengatakan sangat mendukung sekali kegiatan seperti ini, Untuk penyerapan anggaran berupa non fisik harus dibuatkan legalitas berupa SK dan Anggaran Dari Pemerintah Kabupaten sudah turun ke Pemerintah Desa.

Sementara H. Mudjiono Kades Bambe menyampaikan dukungannya adanya kegiatan seperti ini harus tetap diagendakan di tahun berikutnya, ia pun baru tahu kalau dapat dilakukan diluar kabupaten Gresik suatu tempat yang representative dan berharap setelah adanya pembinaan dan penyuluhan pemuda-pemudi kartar harus dapat mengambil manfaat dan pelajaran jangan sampai terjadi menyalahgunakan obat-obat terlarang.

Momentum kegiatan yang dijadikan komitmen bersama antara pemerintahan Desa (Kepala Desa, BPD) bersama RT/RW serta  masyarakat untuk mewujudkan Desa Bersinar setidaknya para generasi muda sebagai penerus perjuangan bangsa terbebas dari penyalahgunaan narkotika dan obat terlarang.

Basuki Risdiyanto, menandaskan “Untuk Lauching Desa Bersinar tergantung dari desanya, adanya komitmen dari Pemerintahan Desa beserta Masyarakat untuk mewujudkan Desa Bersinar” 

Pada kesempatan itu juga sambutan BPD yang diwakili Siti Amzah (Sekretaris)  membeberkan bahwa “Peran Desa dalam memberikan fasilitasi pencegahan dan pemberantasan penyalahgunaan dan peredaran gelap narkotika dan prekursor narkotika terdapat dalam prioritas Penggunaan Dana Desa untuk 9 Program Prioritas Nasional sesuai kewenangan Desa yang termuat dalam Perluasan Akses Layanan Keshatan sesuai dengan kewenangamn Desa” dalam kegiatan P4GN di desa dalam bentuk seperti : Kegiatan keagamaan, penyuluhan, pegelaran, aktifitas olahraga, pelatihan relawan, penyebaran informasi melalui baliho, spanduk dll, termasuk kegiatan saat ini’

H. Supriadi salah satu tokoh masyarakat desa yang sangat getol perhatiannya terhadap para generasi muda menyampaikan harapannya dalam rangkaian Trip I (Minggu,15/10), “Sangat luar biasa mengasyikan cuaca terang, hawanya sejuk, semua yang ikut hadir tidak ada raut wajah susah, sedih semuanya bergembira,  agar terus diagendakan secara berkala dan berkelanjutan”. 

Sardamin sebagai ketua panitia pelaksana sekaligus Pembina Karang Taruna Desa Bambe mengutarakan, “Hal ini sudah merupakan kebutuhan masyarakat, adanya Desa Bersinar berarti upaya kita bersama-sama masyarakat, terus menerus menseterilkan para pemuda yang terjangkit, diperkuat adanya program dari pemerintah nasional, utamanya desa-desa yang terdapat perumahan agar mendapat prioritas adanya penyuluhan dan pembinaan”. (WLO)


Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda