qdxqWFisudm6DGCugNCmxTscxWj4jhGgj3sh0iWz

Hadir Dalam Pelantikan KNPI Sidayu, Bu Min Soroti Peran Pemuda Untuk Bonus Demografi 2045

Gresik, GNN gerbanngnusantaranews.com  

Keterlibatan pemuda menjadi kunci masa depan bangsa. Hal inilah yang disampaikan oleh Wakil Bupati Gresik Aminatun Habibah, saat menghadiri pelantikan Dewan Pengurus Kecamatan Komite Nasional Pemuda Indonesia (DPK KNPI) Kecamatan Sidayu masa bakti 2023-2026, Minggu (26/11).

"Bonus demografi dari Indonesia pada tahun 2045 nanti, kita akan memiliki jumlah pemuda yang lebih banyak daripada orang tua. Nah ini harus kita mulai gembleng dari sekarang." ujar wabup.

Perlu diketahui, KNPI merupakan sebuah wadah untuk pemuda dari bermacam golongan dan organisasi. Fokus utamanya adalah untuk mengangkat potensi yang ada di masing-masing daerah yang mereka tempati.

Dengan keragaman ini, wabup yang akrab disapa Bu Min itu merasa optimis dengan kehadiran KNPI. Apalagi, DPK KNPI Kecamatan Sidayu merupakan yang pertamakali berdiri di tingkat kecamatan se Kabupaten Gresik.

"Saya optimis, dari sinilah akan tercipta pendorong utama dalam menentukan masa depan kita. Maka mimpi saya, panjenengan semua akan menjadi orang hebat. Dan dari wilayah utara inilah dapat memajukan Kabupaten Gresik. Ini sudah dibuktikan dengan pelantikan KNPI hari ini." ucap Bu Min.

Menurut Bu Min, perkembangan Gresik sendiri erat kaitannya dengan anak muda. Dengan adanya KNPI ini, diharapkan dapat menjadi contoh untuk tiap kecamatan membudayakan pemudanya.

"Kabupaten Gresik sangat berkepentingan dengan anak muda. Karena panjenengan semualah yang akan menggantikan kita saat ini. Semoga ini menjadi contoh untuk seluruh kecamatan di Kabupaten Gresik. Saya ingin melihat nanti bagaimana kreativitas para pemuda ini dalam mengatasi masalah sosial." tuturnya.

Salah satu persoalan yang disoroti wabup di kalangan pemuda adalah pengangguran. Maka ini menjadi salah satu misi dari KNPI sendiri disamping mengangkat potensi daerah, juga harus berjalan selaras dengan program pemerintah daerah dalam mengurangi angka pengangguran.

"Karena saingan kita saat ini tidak hanya dengan manusia tapi juga mesin.Jangan hanya bergantung pada perusahaan, ayo kita semua ciptakan pekerjaan, ciptakan lapangan kerja, sehingga tumbuh pemuda dengan jiwa enterpreneurship yang kuat." pungkasnya.

Hadir dalam agenda ini, Forkopimcam Sidayu, Kabid Pemuda dan Olahraga Disparekrafbudpora Gresik, Ketua MWCNU Sidayu, Ketua PC Muhammadiyah Sidayu, Ketua PAC Muslimat NU Sidayu, Ketua Aisyiah Sidayu, DPD KNPI Gresik, serta para pengurus DPK KNPI Sidayu. (tlh)

Baca Juga

Related Posts