qdxqWFisudm6DGCugNCmxTscxWj4jhGgj3sh0iWz

Pelebaran Jalan Manyar Masuk Tahap 2, Pemkab Gresik Bersama BBPJN Jawa Bali Lakukan Sosialisasi

Gresik, GNN gerbanngnusantaranews.com

Dalam rangka persiapan pelaksanaan pelebaran jalan raya Manyar tahap 2, Pemerintah Kabupaten Gresik bersama Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional Jawa Timur Bali (BBPJN Jawa Bali), Jumat (24/11). 

Pelebaran kali ini merupakan lanjutan dari tahap pertama yang telah rampung beberapa waktu lalu. Selanjutnya sebanyak 18 peta bidang tanah seluas 6.233 m2, dengan panjang kurang lebih 2,2 km akan digunakan untuk pelebaran tahap ke 2.

Bupati Gresik Fandi Akhmad Yani menjelaskan, pelebaran jalan ini merupakan salah satu projek strategis nasional dalam mengembangkan potensi Kabupaten Gresik.

"Kita harus bersyukur, kita ditunjuk oleh pemerintah pusat sebagai titik lokasi projek strategis nasional. Maka pelebaran inilah yang kita harapkan dapat membawa dampak positif kepada Kabupaten Gresik terutama masyarakatnya." Ujar bupati.

Menurutnya, selain dapat mengurangi kemacetan, pelebaran jalan ini juga dapat mendukung pertumbuhan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) di JIIPE. Gus Yani melihat dalam beberapa tahun kedepan, Gresik akan menjadi salah satu titik terpenting di Indonesia.

Oleh sebab itu, peningkatan infrastruktur menjadi hal yang sangat penting untuk dilakukan saat ini. 

"Artinya, ini merupakan bagian dari proses yang besar. Dimana 22 tahun ke depan, Gresik akan menjadi pusat perekonomian nasional. Maka ini butuh dukungan panjenengan semua agar cita-cita ini dapat terwujud," ungkapnya.

Setelah infrastruktur berjalan baik, maka langkah selanjutnya adalah fokus meningkatkan sumber daya manusia di Kabupaten Gresik. Salah satunya adalah melalui bidang pendidikan.

Di waktu yang sama, Kepala Dinas PUTR Gresik Dhiannita Tri Astuti mengatakan, pembangunan jalan diperkirakan dapat dimulai pada tahun 2024 besok. Pelebaran akan dimulai dari tikungan Desa Leran, Kecamatan Manyar hingga kawasan JIIPE.

"Kami harapkan bulan ini persiapan bisa clear semua, sehingga tahun depan kita bisa mulai membangun jalan lagi. Selanjutnya 2025 kita lanjutkan dengan pembuatan jembatan baru." ucapnya.

Sebagai informasi, agenda ini juga dihadiri oleh Sekretarias Daerah Kabupaten Gresik Ahmad Washil Miftahul Rahman, 

Asisten I Setda Kabupaten Gresik Suyono, Kepala Bidang Pembangunan Jalan dan Jembatan BBPJN Jatim Bali Ayu Pertimasari Sekar Handayani, Forkopimcam Manyar, serta pemilik lahan di sepanjang jalan raya Manyar. (WLO)

Baca Juga

Related Posts