Pendampingan IVA Untuk Kesehatan Reproduksi Oleh Fatayat NU Dukun - Gerbang Nusantara News

09 November 2023

Pendampingan IVA Untuk Kesehatan Reproduksi Oleh Fatayat NU Dukun

Gresik, GNN gerbanngnusantaranews.com

PAC Fatayat NU Dukun memilik program jenius terkait kesehatan reproduksi (Kespro) seperti yang dilaksanakan pada hari Rabo, 08/11/2023 di Puskesmas Dukun beberapa peserta yang terdiri dari anggota Fatayat NU dan kader PKK Kecamatan Dukun mengikuti kegiatan pemeriksaan deteksi dini kanker rahim dan Payudara, dan kegiatan ini merupakan  bagian program  terkait . 

IVA sendiri adalah Inspeksi Visual Asam Asetat (IVA) merupakan cara sederhana untuk mendeteksi kanker leher rahim sedini mungkin. Pemeriksaan IVA merupakan pemeriksaan Skrining dari pap smear karena biasanya murah, praktis, sangat mudah untuk dilaksanakan dan peralatan sederhana serta dapat dilaksanakan selain oleh dokter ginekologi. Kegiatan ini dengan mengusung tema" Mari Cegah Kanker Serviks Dan Kanker Payudara Dengan Pemeriksaan IVA Dan Sadanis" 

Siti Amsaroh S.Pd Ketua Fatayat NU Dukun mengatakan, memulai program Kespro Fatayat NU Dukun ini Alhamdulillah berjalan dengan baik dan lancar hal ini juga tidak luput dari kerjasama yang baik dengan Puskesmas Dukun,"  tujuan tersebut memberikan pendidikan bagi warga masyarakat khususnya sahabati Fatayat agar semua bisa terhindar dari penyakit kanker serviks dengan deteksi dini melalui pemeriksaan IVA," katanya.

Amsaroh berharap, kegiatan pemeriksaan dengan deteksi dini alat reproduksi bisa ditindaklanjuti kedepanya dengan kerjasama tim kesehatan yakni Puskesmas Dukun dan Mentaras. Hal ini bisa dibuat acuan betapa pentingnya pemeriksaan secara dini alat reproduksi wanita agar tetap selalu sehat tanpa adanya penyakit kanker dan sejenisnya. Hadir pada kegiatan ini kepala Puskesmas Dukun dr Wiwik dan jajaranya serta instansi dari Kecamatan Dukun (Syafik Hoo)

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda