Sertifikasi Kompetensi SDM Pariwisata Kelurahan Kebungson Dan Sekitar Bandar Gresik - Gerbang Nusantara News

06 November 2023

Sertifikasi Kompetensi SDM Pariwisata Kelurahan Kebungson Dan Sekitar Bandar Gresik

Gresik, GNN gerbanngnusantaranews.com

Bentuk keseriusan pemerintah kelurahan Kebungson dalam pengembangan sekaligus konsistensi melestarikan budaya, berbagai upaya dilakukan, seperti yang diselenggarakan hari ini Senin (6/11/ 2023) yakni menginisiasi kegiatan di hotel Khas Gresik yang dikemas dalam kegiatan pelaksanaan sertifikasi kompetensi SDM Pariwisata Kelurahan Kebungson dan Sekitar Bandar Grissee.

Kegiatan yang diikuti 50 peserta tersebut dilaksanakan dengan melakukan kerjasama dengan LSP Barelang Internasional dan HPI Jatim yang dihadiri langsung oleh M. Fither kuntajaya, ST., MM Kepala Kelurahan Kebungson selaku inisiator, Ryan Lianto, Direktur LSP Barelang Internasional (lembaga sertifikasi profesi), Sujay Asmed Ketua HPI Jatim (himpunan Pramu wisata jatim), Ir. Ahmad Wasil ST., MT Sekda Kab Gresik, Arief Wicaksono S.Sos, MM Camat Gresik (pembina pokdarwis kecamatan Gresik), Dra. Anis Nurul Aini, MM Kepala bidang pariwisata kabupaten Gresik.

Kepala Kelurahan Kebungson yang familiar  dengan panggilan Gus Lurah pada kesempatan tersebut menyampaikan rasa syukur dan berharap agar kegiatan ini berkelanjutan, mengingat informasi dan komunikasi dengan para travel agent luar negeri sudah menjadwalkan kunjungan ke bandar grissee (dari kapal pesiar) dan kegiatan ini non apbd karena dukungan LSI dan HPI dengan menggunakan pembiayaan kegiatan dari bantuan world bank. 

FOTO KEGIATAN 

Direktur LSP Barelang Internasional (lembaga sertifikasi profesi) Ryan Lianto menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan bentuk kolaborasi HPI dan LSI Barelang Internasional atas Inisiasi dan komunikasi intens bersama kelurahan dan kecamatan Gresik

Sementara Sekda Kab Gresik Ir. Ahmad Wasil, mengatakan bahwa potensi wisata kabupaten Gresik sangat melimpah, perlu sering adanya kegiatan semacam ini, dan juga pelatihan pelatihan SDM Pokdarwis dan bila perlu study tiru ke tempat tempat pariwisata yang sudah maju, sarannya.

Ungkapan bangga terlontar dari Arief Wicaksono selaku camat Gresik, dengan mengatakan semula kebungson dan sekitar termasuk kawasan kumuh sekarang sudah berani berwawasan pariwisata, terutama bangga atas kesadaran masyarakatnya, ungkapnya.

Pada acara tersebut juga ada beberapa pesan yang perlu segera ditindak lanjuti antara lain disampaikan :

- Sujay Asmed Ketua HPI Jatim (himpunan Pramu wisata jatim) yang berpesan agar setelah kegiatan sertifikasi ini perlu adanya pembentukan HPI kab. Gresik, pesannya.

- Dra. Anis Nurul Aini, Kepala bidang pariwisata kabupaten Gresik, menyarankan agar segera kordinasi untuk pembentukan HPI.

Pada acara ini juga diselenggarakan penyerahan piagam East Java tourism awards 2023 di kategori terbaik heritage tata kelola masyarakat oleh Ketua pokdarwis kebungson dan camat Gresik kepada Sekda kabupaten Gresik.(WLO)


Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda