qdxqWFisudm6DGCugNCmxTscxWj4jhGgj3sh0iWz

KKMI Dukun Gelar Workshop Fokus Penilaian P5

Gresik, GNN gerbanngnusantaranews.com Untuk mewujudkan pemahaman dan mengimplementasikan projek penguatan profil pelajar pancasila (P5). Hari ini Kelompok Kerja Guru (KKG) Kecamatan Dukun menggelar Workshop Penilaian dan Pengisian Rapot P5. Sedangkan P5 sendiri merupakan pembelajaran lintas disiplin ilmu untuk mengamati dan memikirkan solusi terhadap permasalahan di lingkungan sekitarnya. Hal tersebut perlu adanya sosialisasi serta workshop dalam memahami P5 khususnya dalam penilaian dan pengisisan Rapot. 

Workshop P5 kali ini ditempatkan di Aula MI Miftahul Ulum Desa Bulangan Kecamatan Dukun Kabupaten Gresik. Dengan melibatkan peserta yakni dari guru kelas 1 dan 4 MI Sekecamatan Dukun, pengurus KKG, Pengurus KKMI dan Kepala Madrasah. (6/12/2023)

Khofiyul Arif S.pd Pengawas Madrasah Kecamatan Dukun sekaligus Narasumber menjelaskan, dalam penyusunan modul proyek harus menentukan 2 sampai 3 tema dari 7 tema dalam kurun waktu 1 tahun. Katagori penilaian dalam P5 dan PPRA adalah belum berkembang (BB), Mulai berkembang (MB), berkembang sesuai harapan (BSH), dan sangat berkembang (SB),"

" dalam penilaian ini tidak ada angka namun cukup dideskripkan sesuai dengan target pencapaian atau akhir fase," jelasnya.

Pak Khoufi begitu sapaan akrabnya menambahkan, dan didalam merumuskan rubrik penilaian P5 harus memperhatikan dimensi elemen, sub elemen dan target pencapaian sementara untuk menentukan penilaian PPRA harus memperhatikan sub nilai dan indikator," tutup Khoufi yang juga tim Fasda Jatim.

Sementara itu Ketua KKMI Kecamatan Dukun Ahmad Nurus Shobah mengatakan, kegiatan workshop kali ini difokuskan pada tema penilaian dan rapot P5 hal ini juga bagian penerapan implementasi Kurikulum merdeka dan P5," ya target sumatif kali ini lembaga di wilayah KKMI Dukun harus sudah melaksanakan Kumer dan P5," jelasnya.

Harapanya dengan kegiatan ini ada sesuatu yang bermanfaat bagi guru kelas 1 dan 4 untuk penerapan dalam pelaksanaan P5 di lembaga Madrasah Ibtidaiyah Kecamatan Dukun yakni bentuk Edukasi dalam peningkatan keilmuan dan SDM Guru Madrasah (Syafik Hoo)

Baca Juga

Related Posts