qdxqWFisudm6DGCugNCmxTscxWj4jhGgj3sh0iWz

Desa Ngemboh Lakukan Studi Tiru Pengolahan Sampah ke TPA Supit Urang Kota Malang

GRESIK, GNN gerbanngnusantaranews.com

Untuk mewujudkan Nawakarsa Pemerintah Kabupaten Gresik di bawah kepemimpinan Bupati H Fandi Akhmad Yani dan Wakil Bupati Hj. Aminatun Habibah, maka Desa Ngemboh beserta Kecamatan Ujungpangkah dan Pendamping Desa melaksanakan Studi Tiru Pengolahan Sampah ke TPA Supit Urang Kota Malang, Jumat (26/1/2024).

Dikonfirmasi terkait kegiatan tersebut, Camat Ujungpangkah Shofwan Hadi, S.Ag mengatakan, Ujungpangkah sebagai kecamatan yang bergerak maju berusaha menjadikan 13 desa di wilayah Ujungpangkah  untuk menjadi desa mandiri. "Sebagai wujud pelaksanaan itu selalu mencari dan menimba ilmu yang dapat menjadikan Ujungpangkah melangkah sejahtera," ujarnya penuh semangat, Minggu (28/1/2924

Menurut Shofwan Hadi, masalah sampah adalah masalah yang sudah tidak asing lagi kita dengar di setiap perbincangan tentang tata kelola desa dan kota. Ujungpangkah adalah kecamatan hilir dari beberapa kecamatan di wilayah Kabupaten Gresik, sehingga selalu menjadi titik akhir dari pembuangan sampah liar di Bengawan Solo dan sungai-sungai yang berujung pada masuknya air ke laut. Termasuk juga sampah rumah tangga dan pasar yang ada di Kecamatan Ujungpangkah.

Dengan permasalahan tersebut, maka Kepala Desa Ngemboh Ana Mukhlisah, S.Pd dan pemuda pemudi tergerak hatinya untuk menyelesaikan masalah persampahan di semua wilayah di Ujungpangkah. "Di TPA Supit Urang Kota Malang, kami belajar banyak tentang persampahan, yang ternyata sampah adalah berkah dengan dijadikan pupuk kompos dan pemilahan nonorganik untuk di cacah dijadikan biji plastik," jelas Camat.  

Sementara Kepala Desa (Kades) Ngemboh Ujungpangkah Ana Mukhlisah, S.Pd menambahkan, dari kegiatan Studi Tiru Pengolahan Sampah ke TPA Supit Urang Kota Malang, pihaknya semakin bersemangat untuk mewujudkan TPS3R di Desa Ngemboh kecamatan Ujungpangkah.  

"Lokasi sudah siap, tinggal peralatan-peralatan yang kami mohon untuk mendapatkan dukungan penuh dari Pemerintah Kabupaten Gresik dan dunia usaha yang berada di wilayah Ujungpangkah untuk mendukung melalu program CSRnya," harapnya serius. 

"Semoga semua ini akan bermanfaat untuk masyarakat, Pemdes Ngemboh, Kecamatan Ujungpangkah dan khususnya Pemerintah Kabupaten Gresik semakin maju," imbuhnya. (Didik Hendri Telisik Hati)

Baca Juga

Related Posts