qdxqWFisudm6DGCugNCmxTscxWj4jhGgj3sh0iWz

Semarak Harlah NU Ke 101 Ranting NU Banyutengah Gelar Santunan Dan Peringatan Isro' Mi'roj Nabi Muhammad SAW 1445 H

Gresik, GNN gerbanngnusantaranews.com

Dalam rangka memperingati Harlah NU ke 101 dan Peringatatan Isra' Mi'raj Nabi Muhammad 1445 H. Sejumlah pengurus dan Warga NU beserta seluruh Banom NU Ranting Banyutengah Panceng Gresik melakukan do'a bersama dalam rangkaian kegiatan Lailatul Ijtima' di Masjid Roudlotul Muttaqin Banyutengah Panceng pada Kamis (8/2/2024).

Kegiatan tersebut dirangkai dengan sholat isya' berjama'ah, Sholat Ghoib, Istighotsah, Pembacaan Tahlil yang dipimpin oleh Rois syuriah ranting NU  H.Abdur Rohim, Pembacaan ayat suci Alqur'an Ustadz Hasanuddin, dilanjut pembacaan Sholawat Nabi oleh Albanjari kolaborasi antara Mahasiswa Inkafa Suci Manyar Gresik dan Insud Sunan Drajat Lamongan. Sambutan ketua Tanfidziyah ranting NU Bapak Isnanto dan dilanjut dengan Tausiyah oleh Pj Rois syuriah PCNU Gresik KH Moh Farhan dan diakhiri pemberian Santunan kepada 52 anak yatim/piatu.

KH Moh. Farhan dalam Tausiyahnya menyampaikan, bahwa "warga NU itu kalau diajak kumpul gampang, tapi kalau diajak berbaris itu sulit sebab belum bisa diajak berjalan bersama dengan tertib, maka dalam momen Harlah NU ke 101  menguatkan posisi jam'iyah agar semakin kokoh dan bersatu antara jam'iyah dan jama'ah" ujarnya

"terkait peringatan Isra'  mi'raj masih kata abah yai Farhan panggilan akrabnya menyampaikan, "Peristiwa Isra' Mi"raj sebagai tonggak sejarah dimulainya peristiwa penting sholat lima waktu maka jadikanlah sholat itu sebagai kebutuhan batin yang harus dipenuhi juga seperti kebutuhan jasmani, dan jadilah orang tua yang melakukan bimbingan  ibadah sholat pada anak sejak usia dini, dan orang tua juga merupakan guru utama dan pertama bagi anak-anaknya terutama ibadah sholat" pungkasnya.

Isnanto selaku ketua Tanfidziyah NU menyampaikan bahwa tradisi lailatul ijtima' atau malam pertemuan warga NU ini memang sudah rutin digelar dan sudah mengakar di kalangan Nahdliyin dan berusaha kami istiqomahkan sebagai amaliah ulama dan warga NU"

Isnanto menambahkan, bahwa Lailatul ijtima' ini sangat penting sekali dengan harapan agar warga NU bisa menguatkan diri dengan memperkokoh paham Aswaja dan ukhuwah islamiyah khususnya di kalangan warga Nahdliyin.

"Setiap pelaksanaan lailatul ijtima' di ranting NU Banyutengah selalu kita barengi dengan santunan anak yatim/piatu dan diakhiri makan bareng seluruh  jama'ah yang hadlir dengan talaman/lengseran ala santri di pondok" ujar Isnanto aktivis NU dan mantan ketua GP Ansor Gresik sambil mohon do'a semoga bisa bermanfaat dan istoqomah.(Syafik Hoo)

Baca Juga

Related Posts