qdxqWFisudm6DGCugNCmxTscxWj4jhGgj3sh0iWz

SIG Salurkan Paket Sembako dan Kebutuhan Pokok untuk Korban Bencana Banjir Bandang Grobogan dan Demak

Jakarta, GNN gerbanngnusantaranews.com 

Banjir bandang yang melanda Kabupaten Grobogan dan Kabupaten Demak, Jawa Tengah, telah merendam belasan ribu rumah, puluhan fasilitas pendidikan dan tempat ibadah, hingga ribuan hektare lahan pertanian. Sebagai bentuk kepedulian terhadap masyarakat terdampak, PT Semen Indonesia (Persero) Tbk (SIG) bersama anak usahanya, PT Semen Gresik, menyalurkan bantuan paket sembako dan kebutuhan pokok lainnya.

Paket sembako yang disalurkan meliputi bahan konsumsi berupa 900 kg beras, 220 liter minyak goreng, 102 dus mie instan, 100 kg gula, 122 kaleng sarden, 50 kg telur, 44 bungkus biskuit, 140 dus air mineral, dan 145 pcs susu UHT kemasan. Kebutuhan pokok lainnya yang juga disalurkan antara lain 2 terpal, 100 buah selimut, 144 buah sabun mandi, dan 60 pcs minyak kayu putih. 

Bantuan diserahkan ke Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Grobogan dan Kabupaten Demak secara bertahap mulai Kamis (8/2/2024) hingga Minggu (11/2/2024), untuk didistribusikan ke seluruh lokasi terdampak.

Corporate Secretary SIG, Vita Mahreyni menyampaikan keprihatinan yang mendalam atas musibah banjir bandang di Grobogan dan Demak dan berharap musibah tersebut tidak berlarut-larut sehingga masyarakat dapat kembali menjalankan aktivitas keseharian secara normal. Untuk meringankan beban masyarakat di tengah situasi darurat tersebut, SIG telah menyalurkan bantuan melalui program SIG Peduli.   

“SIG turut merasa prihatin atas bencana banjir bandang yang menjadi penyebab beberapa hal, mulai dari ancaman kesehatan, krisis air bersih, dan kerugian ekonomi akibat kerusakan rumah dan fasilitas publik, hingga lumpuhnya aktivitas masyarakat. Bantuan ini merupakan wujud kepedulian kami yang diharapkan dapat memberikan manfaat bagi masyarakat Grobogan dan Demak dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari,” kata Vita Mahreyni.

Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD Grobogan, Soewignyo mengapresiasi SIG dan PT Semen Gresik yang telah menunjukkan kepeduliannya kepada masyarakat. “Kami sangat berterima kasih dengan bantuan ini. Meski tak berada di lingkup Kabupaten Grobogan, SIG berkenan jauh-jauh datang memberikan bantuan. Nantinya bantuan tersebut akan disebar ke sejumlah wilayah yang terdampak dan membutuhkan,” kata Soewignyo.

Apresiasi dan ucapan terima kasih juga disampaikan oleh Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD Demak, Suprapto. “Alhamdulillah kami atas nama institusi BPBD dan Pemkab Demak mengucapkan banyak terima kasih kepada PT Semen Gresik. Semoga bantuan ini bisa meringankan beban korban terdampak, dan apa yang sudah dilimpahkan pada kami mampu menjadi imbalan lebih untuk perusahaan agar semakin maju dan bermanfaat bagi Indonesia," ujar Suprapto.

Banjir yang melanda Kabupaten Demak dan Grobogan berlangsung sejak Senin (5/2/2024) hingga menyebabkan tujuh kecamatan terdampak. Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) dalam keterangan resminya menyatakan banjir bandang ini dipicu hujan dengan intensitas tinggi di wilayah hulu. Tingginya debit air membuat sepuluh tanggul di wilayah Kabupaten Demak jebol sehingga air meluber hingga ke jalan dan pemukiman warga di tujuh kecamatan.

Tentang SIG

SIG atau PT Semen Indonesia (Persero) Tbk, adalah perusahaan BUMN klaster infrastruktur yang tercatat di PT Bursa Efek Indonesia, dengan 51% saham dimiliki Pemerintah Indonesia. Bertransformasi sejak tahun 2013, kini SIG telah menjadi penyedia solusi bahan bangunan terdepan di kawasan regional, menjangkau pasar Asia, Australia dan Oceania.

Berbekal pengalaman lebih dari 100 tahun, SIG sebagai holding BUMN semen menyatukan enam anak usaha produsen semen yaitu, PT Semen Padang, PT Semen Gresik, PT Semen Tonasa, PT Solusi Bangun Indonesia Tbk, PT Semen Baturaja Tbk dan Thang Long Cement Company, Vietnam. Di bawah SIG, perusahaan semen nasional tersebut berkomitmen menyediakan solusi bahan bangunan dengan prinsip berkelanjutan untuk menjaga keanekaragaman hayati dan mengurangi emisi gas rumah kaca.

Baca Juga

Related Posts