qdxqWFisudm6DGCugNCmxTscxWj4jhGgj3sh0iWz

Usai Pilpres, SMK Al-Ikhlash Gresik Gelar Pemilihan Ketua dan Wakil OSIS

Gresik, GNN gerbanngnusantaranews.com Demokrasi adalah sesuatu yang harus terus diperjuangkan, tidak dianggap sebagai sesuatu yang terberi (taken for granted). Inilah semangat yang terbit dari kegiatan Workshop Demokrasi yang diselenggarakan oleh SMK Al-Ikhlash Mulyorejo Dalegan Panceng Gresik. 

Workshop Demokrasi bersama pemateri Bapak Zubaidillah SH, S.IP ini mengusung tema “Workshop Demokrasi dan Pemilihan Umum”. Sementara Zafiratus safitri, salah satu siswi SMK Al-Ikhlash bertindak sebagai moderator.

Dalam kegiatan yang diselenggarakan di Halaman SMK AL-IKHLASH ini, para siswa dan siswi diberikan berbagai refleksi mengenai perjalanan Demokrasi Indonesia hingga hari ini, khususnya menjelang pelaksanaan pemilihan calon Ketua dan Wakil OSIS SMK Al-Ikhlash. 

Kepala SMK Al-Ikhlash M. Eka Akbar S.PdI, S. Kom melalui Humas SMK Zubaidillah SH, S.IP menjelaskan, Pemilihan Ketua Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS) adalah momen penting dalam kehidupan sekolah. Proses demokrasi dalam pemilihan ini tidak hanya melibatkan para kandidat yang berlomba untuk jabatan, tetapi juga melibatkan seluruh anggota sekolah yang berhak memberikan suara. "Suara demokrasi ini merupakan representasi dari kehendak dan aspirasi para siswa, sekaligus menjadi cermin dari karakter mereka sebagai pelajar Pancasila," jlentrehnya. 

Pemilihan Ketua OSIS yang dilakukan melalui proses demokrasi memberikan kesempatan bagi setiap siswa untuk berpartisipasi secara aktif dalam pengambilan keputusan. Melalui pemilihan ini, siswa diajak untuk berpikir kritis, mengevaluasi, dan memilih calon pemimpin yang dianggap mampu mewakili aspirasi dan kepentingan siswa secara luas. "Suara mereka menjadi manifestasi dari semangat demokrasi yang harus dijunjung tinggi sebagai wujud dari sikap mencintai tanah air dan bangsa," tegas Zubaidillah, Sabtu (24/2/2024). 

Untuk diketahui, SMK AL-IKHLASH  menyelenggarakan Pemilihan Ketua dan Wakil Ketua OSIS periode 2024/2025 pada Rabu (20/02/2024). Pemilihan ini dilakukan melalui proses demokrasi yang memberikan kesempatan bagi setiap siswa-siswi SMK AL-IKHLASH untuk berpartisipasi secara aktif dalam pemungutan suara. 

Kegiatan ini juga dilaksanakan sebagai bagian dari penerapan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5). Terlihat antusiasme para siswa-siswi saat mengikuti rangkaian pemilihan Ketua dan Wakil Ketua OSIS SMK AL-IKHLASH. Pemilihan dimulai pukul 08.00 – 11.00 WIB dilanjutkan dengan perhitungan suara pada pukul 13.00 WIB.

Pesta Demokrasi Ketua dan Wakil Ketua SMK AL-IKHLASH diawali dengan sambutan oleh Ketua Panitia Nur Irsyadatul Azizah dan Waka Kesiswaan Ibu Mamluatul Hamidah, M.Pd. “Pelaksanaan Pemilihan Ketua OSIS periode 2024/2025 adalah wujud penanaman demokrasi sejak dini dan merupakan implementasi dari P5," terang Zubaidillah, sosok Humas SMK yang dikenal inovatif dan ulet membimbing siswanya untuk berpacu mengukir prestasi ini.  

Sebelum memasuki puncak kegiatan pemilihan, beberapa hari sebelumnya telah dilakukan rangkaian kegiatan sebagai tahapan dalam pelaksanaan pemilihan Ketua dan Wakil Ketua OSIS yaitu sebagai berikut:

Pada tanggal 18 Februari 2024 SMK AL-IKHLASH menyelenggarakan Workshop, dilanjut tanggal 19 Februari 2024 adalah penyampaian Visi Misi oleh Paslon 1, yaitu Najwa Oktavia dan Bahi Najmi Jauhara dan Paslon 2, yaitu Eva Nor Liana dan Muhammad Anang Ma’ruf, dilanjut tanggal 20 Februari 2024 atau acara yang terakhir meliputi pembukaan diiringi dengan banjari dan kirab yang berisi pembawa bendera Merah Putih, Yayasan Ponpes AL-IKHLASH, SMK AL-IKHLASH, OSIS SMK AL-IKHLASH, Ambalan, Teater Cincin, Pagar Nusa yang dibawa oleh Ketua Organisasi masing-masing. 

Diawali dengan penampilan Pagar Nusa, Tari, dan Puisi. Diteruskan dengan pembacaan tata tertib pencoblosan oleh Ilham Maulana Arifin, dilanjut acara inti, yaitu Proses Pencoblosan yang diiringi dengan Band Alul and Friend. Setelah pencoblosan dilanjutkan dengan sidang pleno II oleh Ibu Siti Sholihah, selanjutnya adalah kegiatan Dimesionerisasi dan Sambutan Ketua Baru yang terpilih, yaitu Paslon 2 Eva Nor Liana dan Muhammad Anang Ma’ruf. Sampailah diujung acara, acara ini ditutup dengan doa oleh Ilham Maulana Arifin. (Ustadz Zubaidillah/Telisik Hati) 



#SMK AL IKHLASH

Milenial

Milenial

Bisa!!!!


#OSIS SMK AL IKHLASH

Unggul, kreatif, berprestasi

Baca Juga

Related Posts