qdxqWFisudm6DGCugNCmxTscxWj4jhGgj3sh0iWz

Masyarakat Gembira Sambut Kirab Piala Adipura Bersama Bupati Fandi Akhmad Yani Dan Jajaran

Gresik, GNN gerbanngnusantaranews.com Bupati Gresik Fandi Akhmad Yani dan Wakil Bupati Aminatun Habibah bersama jajaran melakukan kirab menyambut Piala Adipura yang diterima dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK), Selasa (04/03). Diiringi sambutan masyarakat yang luar biasa, mereka memulai kirab dari Tugu Selamat Datang Kabupaten Gresik menggunakan Bus Wisata Grissee.

Iring-iringan kirab menyambut Piala Adipura ini diikuti oleh jajaran pejabat eselon II di lingkungan Pemerintah Kabupaten Gresik, perwakilan perusahaan, lurah dan komunitas pegiat lingkungan, serta petugas kebersihan yang biasa berjibaku di Kabupaten Gresik. 

Rute kirab sepanjang 4 kilometer ini, dimulai dari Tugu Selamat Datang di daerah Segoromadu, kemudian menyusuri Jalan Veteran, berlanjut ke Jalan Panglima Sudirman dan Jalan Jaksa Agung Suprapto, hingga finish di Gedung Wahana Ekspresi Poesponegoro (WEP).

Di sepanjang rute yang dilalui, tampak kegembiraan masyarakat dalam menyambut Piala Adipura yang sudah absen 10 tahun dari Kabupaten Gresik.

Kegembiraan juga terlihat jelas di wajah Bupati Fandi Akhmad Yani. Orang nomor satu di Kabupaten Gresik tersebut tak henti-hentinya melambaikan tangan dan menyapa warga masyarakat yang menyemut di sepanjang rute pawai. Memasuki Jalan Panglima Sudirman, rombongan konvoi disambut ratusan pelajar yang berdiri di sepanjang pedestrian jalan. Mereka tampak melambai-lambaikan bendera merah putih sambil mengucapkan selamat. Sambutan pelajar dan masyarakat makin padat saat rombongan memasuki Jalan Jaksa Agung Suprapto, mendekati titik finish kirab yakni Gedung WEP.

Araminta Vany, salah satu pelajar asal SMPN 1 Gresik mengaku dia dan teman-temannya sudah menunggu untuk melihat Piala Adipura yang dibawa oleh Bupati Fandi Akhmad Yani.

"Sengaja tidak pulang karena _pengen tau_ . Ada rasa bangga juga sebagai warga Gresik akhirnya bisa menerima Piala Adipura," ujarnya sumringah.

Pada titik finish yakni di Gedung WEP, Bupati Fandi Akhmad Yani dan Wakil Bupati Aminatun Habibah beserta rombongan kirab disambut dengan kesenian tari khas Gresik. Di hadapan rombongan dan tamu undangan, Bupati Yani mengawali sambutannya dengan mengucapkan terima kasih kepada seluruh masyarakat Gresik.

"Prestasi ini adalah prestasi masyarakat Gresik. Banyak pengalaman yang sudah kita dapatkan dalam terkait keindahan, kebersihan, dan penanganan sampah dari hulu hingga hilir," ungkapnya.

Piala Adipura, bagi Bupati Yani juga menjadi suatu tonggak awal dalam upaya berkelanjutan dalam penanganan sampah di Kabupaten Gresik. Dirinya berharap, di tahun mendatang, isu penanganan sampah melalui Tempat Pembuangan Sampah _Reuse Reduce Recycle_ (TPS3R) bisa masuk di Musyawarah Rencana Pembangunan Desa (Musrembangdes) dan dibangun di tiap desa.

"Makna Piala Adipura tidak hanya sekadar kebersihan dan keindahan saja, melainkan ada yang lebih substantif yaitu kesehatan masyarakat dan kelestarian lingkungan. Berikutnya saya mengajak semua pihak untuk bersama-sama membangun hutan kota dan banyak ruang terbuka hijau di Kabupaten Gresik. Gresik Lestari, bersama-sama kita menanam sampai mati," pungkasnya. (nnd)



Baca Juga

Related Posts