qdxqWFisudm6DGCugNCmxTscxWj4jhGgj3sh0iWz

Pondok Ramadhan MI Alkarimi Gresik Ciptakan Rasa Kebersamaan dan Toleransi Antar Teman

Oleh : Moh Syafik Kamad MI Alkarimi Gresik.

Gresik, GNN gerbangnusantaranews.com Kegiatan pondok Ramadhan adalah salah satu dari program Madrasah Ibtidaiyah (MI) Alkarimi yakni untuk membersamai proses terwujudnya siswa berkarakter dengan Akhlaqul karimah yang baik. Puasa sendiri memiliki Khidmah yang luar biasa baik dari segi secara fisik lahiriyah yang bisa dikatakan sehat badanya. Maupun dari segi bathiniyah yang akan meningkatkan Spritual ibadah kepada Allah SWT.

Beberapa kegiatan Siswa dalam giat pondok Ramadhan ceria MI Alkarimi diantaranya : Ngaji Mabadiul Fiqih, Sholat Terawih, Buka bersama, Outbond, praktek wudlu dan Shalat, Shalat Berjamaah dan olahraga senam pagi. Manfaat dasar yang bisa membentuk jiwa sosial dan jiwa toleransi sesama antar teman ini adalah peserta didik pondok Ramadhan tersebut dibekali pemahaman bagaimana kemandirin bisa di ciptakan serta toleransi bisa diterapkan dalam 2 hari pondok Ramadhan MI Alkarimi.

Peserta didik pondok Ramadhan yang notabene masih kecil dan masih di bangku kelas 4-6 Mi Alkarimi tentu butuh kesabaran dan ketelatenan  serta kesabaran didalam pembinaan serta pembimbingan peserta didik dalam rangka menuju proses kemandirian dan bisa menjadi perubahan yang lebih baik imbas positif dari kegiatan pondok Ramadhan Kareem selama 2 hari tersebut.

Maka khidmah yang terkandung dalam kita menelisik hati akan  kegiatan pondok Ramadhan ini adalah sebuah keseimbangan akan manfaat dilihat dari body fisik seseorang dengan menjalankan puasa maka ia akan sehat dan yang lain adalah kita mempeng meningkatkan kehambaan diri dengan spritual kepada Allah meniatkan tujuan dan harapan menuju kampung syurga Allah SWT.

Pembiasaan yang baik dalam kegiatan apapun yang menjadi program Madrasah haruslah disampaikan dan difollow up maka ini akan menjadi kebiasaan bagi peserta didik baik secara aturan dan adaptasi Madrasah akan diikuti dengan penuh tanggung jawab. Peserta didik bisa menjalankan peran dan fungsi yang diberikan oleh Bapak Ibu guru dengan pembimbingan yang Istiqomah dan berkelanjutan.

Harapanya dengan adanya Pondok Ramadhan Mi Alkarimi maka ada kesempatan waktu untuk memperluas dan menambah keilmuan, kedisiplinan tinggi, membangun toleransi kebersamaan, menciptakan kemandirian peserta. Semoga Pondok Ramadhan 1445 H di MI Alkarimi bermanfaat bisa merubah hal positif dan menambah keberkahan secara masif. Wallahul Muafiq Illa Aqwamithoriq Wassalam. (Syafik Hoo)


Baca Juga

Related Posts