qdxqWFisudm6DGCugNCmxTscxWj4jhGgj3sh0iWz

IPKB Ponpes Alkarimi Gelar Halal Bi Halal Momen Syawal 1445 H

Gresik, GNN gerbangnusantaranews.com Ikatan Pemuda Keluarga Bendo (IPKB) Ponpes Alkarimi adalah komunitas atau kumpulan pemuda yang terdiri dari para pelajar, mahasiswa dan santri keluarga ponpes Alkarimi Tebuwung Dukun.  Bendo adalah nama sebuah tempat cikal bakal awal berdirinya ponpes Alkarimi sebuah dusun atau kompleks wilayah pondok dengan lokasi timur berbatasan dengan Desa Mentaras Dukun Gresik. Momen Syawal adalah menjadi kegiatan yang penting bagi IPKB untuk menjalin Silaturrahmi dan Anjangsana keluarga serta giat Halal Bi Halal bersama keluarga.

Para pelajar, Mahasiswa dan santri (IPKB) di momen Hari raya Idul Fitri atau Syawalan ini  pulang dari tempat mereka belajar baik  di pondok maupun lembaga pendidikan serta kampus di wilayah Indonesia. Hari ini menggelar pertemuan Silaturrahmi yang dikemas dengan Halal Bi Halal. Acara tersebut terpusat di Aula Umu Kultsum Ponpes Alkarimi Tebuwung Dukun Gresik (14/04/2024).

Kegiatan pagi IPKB di awali dengan Khatmil Qur'an dengan melibatkan seluruh anggota yang terbagi dua Majelis Khatmil Qur'an laki dan perempuan serta malamnya sebagai acara puncak yakni Berhalal Bi Halal.

Agil Muhammad Kamal Ketua IPKB Ponpes Alkarimi mengatakan, Alhamdulillah kita masih Istiqomah dan berlanjut menggelar program pertemuan keluarga di IPKB momen Syawalan hal ini bertujuan, untuk melanjutkan amanah dari orang tua agar Silaturrahmi seperti ini jangan sampai putus di samping juga untuk saling menguatkan dan mengakrabkan antar anggota IPKB.

"Program ini juga memberikan manfaat untuk belajar organisasi khususnya adik adik pelajar IPKB serta melanjutkan kepengurusan estafet kepemimpinan," Semoga kegiatan Halal Bi Halal ini bisa memberikan nilai positif dan edukatif untuk kemaslahatan kita bersama," ujarnya.

Sedangkan pemateri Dr H. Abdul Hakim M.EI Dosen UINSA menyampaikan, Halal Bi Halal adalah momentum untuk mengakui dan menyelesaikan kesalahan yang pernah kita lakukan terhadap sesama. Kehormatan manusia harus dijaga dan dilindungi baik tentang aspek darahnya, hartanya, maupun kehormatanya.

"Maka kita harus kembali ke makna Silaturrahim yang benar, yaitu berbuat baik kepada kerabat kita. Menjadi penting untuk Silaturrahim antar kerabat dan keluarga. Pertemuan ini untuk menyatukan serta merajut keluarga besar ponpes Alkarimi," 

Ia juga menambahkan, pemuda adalah generasi penerus untuk melanjutkan estafet kepemimpinan bangsa, maka pemuda harus giat semangat inovatif dan kreatif menginspirasi kepada Nabi Ibrahim, Nabi Ismail, Ashabul Kahfi," katanya

Rois Syuriah MWCNU Panceng Ini berharap, pertemuan Halal Bi Halal ini bisa dijadikan kekuatan keluarga ponpes Alkarimi dalam memberikan warisan kebaikan untuk terus di lanjutkan oleh kaum pemuda untuk sambung keluarga," tutupnya.

Turut hadir pada Halal Bi Halal IPKB ini Pengasuh Ponpes Alkarimi KH Abd Muhshi, KH Murtadlo Abdullah Ketua YPP Alkarimi, KH Moh Amin Syam, KH Muchtar Wahid pengurus MWCNU Dukun, Bunyai Ponpes Alkarimi serta keluarga IPKB. (Syafik Hoo)

Baca Juga

Related Posts