Pembuatan Logo dan Blog Umkm Sebagai Upaya Branding Produk Guna Keberlangsungan Usaha Umkm Bedilan Sehahtera - Gerbang Nusantara News

13 Mei 2024

Pembuatan Logo dan Blog Umkm Sebagai Upaya Branding Produk Guna Keberlangsungan Usaha Umkm Bedilan Sehahtera

Oleh : Mahasiswa Kelompok KKN Tematik Kelompok 20 Universitas Muhammadiyah  (UMG) Gresik

Kelompok KKN TEMATIK kelompok 20 Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Gresik (UMG) terus mewarnai aktifitasnya dengan berbagai kegiatan di Kelurahan Bedilan Kecamatan Gresik Kabupaten Gresik, salah satunya dengan menyelenggarakan kegiatan kegiatan sosialisasi pembuatan Logo, Blog UMKM serta sosialisasi pentingnya pencatatan dan pembukuan laba rugi usaha di aula Kelurahan Bedilan bersama pengurus UMKM Bedilan Sejahtera, Sabtu 11 Mei 2024 yang diikuti pengurus dan pelaku usaha UMKM Bedilan Sejahtera. 

Dalam pemaparan materi bisa disimpulkan bahwa seiring berkembangan zaman saat ini  semua akan digerakkan dengan teknologi, oleh sebab itu sebagai pelaku usaha seharusnya mengikuti perkembangan tersebut. 

Tak kalah pentingnya sebagai bentuk upaya melindungi produk secara aman maka perlu dilakukan penyematan jati diri sebagai branding yang bisa berupa logo, selain itu juga perlu dilakukan pemasaran melalui sistem digital, dan disiplin melakukan pencatatan atas transaksi yang dilakukan selama menjalankan usaha. 

Perlu difahami bersama bahwa Logo dalam usaha adalah suatu hal yang penting salah satunya adalah sebagai bentuk identitas produk sebab saat memasarkan produk kepada konsumen logo merupakan hal penting untuk memudahkan dalam melihat dan mengenali identitas sebuah produk, sekaligus untuk melindungi produk yang kita jual dimanfaatkan oleh oknum-oknum yang kurang bertanggung jawab. 

Dalam memasarkan produk juga harus mengikuti perkembangan jaman, sebagai contoh menggunakan media sosial instagram, whatsapp, tiktok, atau media-media lainnya, dengan dibutuhkannya hal tersebut tim KKN Tematik UMG Kelurahan Bedilan sosialisasi dengan dengan mengangkat blog sebagai media yang bisa digunakan untuk promosi produk.

Menjadikan blog sebagai media promosi sebenarnya tidak mudah, apalagi cara membuat dan penataan yang agak rumit, tapi itu bukanlah suatu masalah, jika blog sudah tertata maka blog tersebut sangat cocok ketika digunakan promosi karena adanya laman ULR dan dibuatkan kode barcode agar lebih mudah mengunjungi lamannya. 

Berbicara mengenai sistem berjalannya usaha ketika produknya sudah ada, identitas juga sudah ada, bahkan media promosi juga sudah disiapkan, langkah selanjutnya adalah melakukan pencatatan atas transaksi usaha yang dijalankan, sebab usaha akan bisa berkembang jika transaksi yang dilakukan bisa tercatat dan dibukukan, dikarenakan laba atau ruginya usaha bisa dilihat dari catatan transaksi selama usaha berlangsung. Maka dari itu, pelaku usaha bisa membuat keputusan atas rencana yang akan diambil sebagai upaya keberlangsungan usaha agar lebih bisa berkembang. 

Menurut peserta sosialisasi ternyata hampir seluruhnya belum melakukan pencatatan atas transaksi yang dilakukan. Untuk itu, sosialisasi ini diharapkan bisa memberikan kesadaran atas pentingnya hal-hal tersebut dalam menjalankan usahanya. Sosialisasi yang dilakukan juga diberikan contoh kasus dan buku saku laba rugi, dengan harapan agar peserta sosialisasi dapat lebih mudah memahami dan bisa untuk mempraktekkan terhadap usaha yang dijalankan sehari-hari.


Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda