Hot News

Post Top Ad

Your Ad Spot

Selasa, 28 Juli 2020

Pemerintah Segera Siapkan Infrastruktur Kampung IT untuk Belajar Online, Desak Anna

Gresik - gerbangnusantaranews.com
H. Ahmad Nurhamim Ketua DPD Golkar Gresik akrab dipanggil Anha merespon Banyaknya keluhan orang tua siswa soal sistem belajar dengan model dalam jaringan (daring) atau online di masa pandemik Covid-19.

Menurut Anha, banyak orang tua siswa yang mengeluhkan model belajar tersebut, karena minimnya infrastruktur penunjang yang disiapkan oleh pemerintah. Misalnya, sarana dalam jaringan seperti akses internet gratis.

"Dampaknya pada  Masyarakat yang sudah susah di saat pandemik Covid-19, mereka tambah dibebani biaya untuk beli paketan internet anaknya untuk belajar online" ungkap Anha yang juga Wakil Ketua DPRD Gresik ini.

Bahkan, kata Anha, sebagian orang tua terpaksa harus membelikan handphone anaknya untuk kebutuhan belajar online di rumah. "Fakta ini membuat orang tua makin terbebani, padahal mereka dari kalangan keluarga tak mampu," ujarnya.

Karena itu, Anha meminta pemerintah menyiapkan infrastruktur terlebih dahulu sebelum membuat kebijakan model daring. "Pemerintah harus menyiapkan sarana infrastruktur internet gratis di semua desa atau kampung," ujar politikus senior Golkar Gresik.

Anha menyarankan pemerintah membuat kampung IT (informasi dan teknologi) supaya masyarakat pelajar bisa menikmati internet di rumah masing-masing, khususnya untuk keperluan pendidikan.

"Untuk dananya, pemerintah bisa membuat kebijakan seperti realokasi belanja. Sebagai contoh belanja bantuan operasional sekolah (BOS) atau belanja bantuan pendidikan lain," katanya.

Anha mengatakan, Golkar mendukung kebijakan pemerintah dalam menerapkan peralihan model belajar dari model tatap muka ke daring di saat pandemik Covid-19. Sebab, kebijakan ini salah satunya bertujuan untuk mencegah sebaran Covid-19.

"Namun, pencegahan juga harus juga diimbangi dengan kebutuhan masyarakat pelajar, utamanya terkait layanan kebutuhan sarana pendidikan di masa pandemik Covid-19 seperti akses internet dan sarana penunjang lain secara gratis, sehingga tak kian membebani masyarakat," pungkasnya. (Mad GNN)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Top Ad

Your Ad Spot