Selasa, 07 Juli 2020

Petani Irigasi Desa Sidodadi Gelar Tradisi Wiwit Padi Saat Jelang Musim Panen

Bojonegoro, gerbangnusantaranews.com - Petani irigasi di Desa Sidodadi, Kecamatan Sukosewu menggelar tradisi wiwit padi setiap jelang musim panen tiba. Tradisi wiwit ini sebagai bentuk rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa atas anugerah yang diberikan kepada para petani.

“Alhamdulillah, hari ini kita sudah mulai musim panen. Sehingga sebelum dipanen kita awali dengan tasyakuran bersama petani lainnya agar hasilnya bertambah barokah," ungkap Ketua Kelompok Tani Makmur Jaya, Desa Sidodadi Kecamatan Sukosewu, H. Miftahul Munir Alamsyah, Senin (6/7/2020).

Dia menuturkan, tradisi wiwit merupakan budaya nenek moyang yang hingga kini masih diikuti oleh sebagian petani.

"Tradisi wiwit ini dilaksanakan digubuk yang berada ditengah sawah areal tanaman padi. Digubuk ini kita semua mengadakan tasyakuran sambil membawa tumpeng," ujarnya.

Selain diikuti para petani yang tergabung dalam Kelompok Tani (Poktan) Makmur Jaya, wiwit padi ini juga mengundang petugas dari Dinas Pertanian, Irigasi dan PPL setempat.
,
Sementara itu Kepala Desa Sidodadi Kecamatan Sukosewu, Doni Prasetio yang juga hadir dalam acara wiwit padi menyampaikan selamat kepada kelompok tani yang mulai memasuki musim panen di masa tanam kedua ini.

 “Selamat kepada dulur-dulur tani yang mulai panen hari ini, semoga panennya melimpah. Saya juga sangat mengapresiasi para petani tidak meninggalkan tradisi wiwit meski sekarang jaman tehnologi," katanya. (Dmw/GNN)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar