Kamis, 20 Agustus 2020

Gresik Bermasker Di 25 Desa Bersama Team Penggerak PKK Dan Muspika Cerme

GRESIK - gerbangnusantaranews.com
Dalam melaksanakan sosialisasi Gerakan Gresik Bermasker, team Penggerak PKK bersama Muspika Cerme melakukan gerak cepat turun ke 25 desa secara bertahap dengan jadwal yang terbagi menjadi empat gelombang yaitu tanggal 15, 16, 18 dan 19 Agustus 2020.

Acara yang dikomandani oleh Ketua Penggerak PKK Kecamatan Cerme Ny.Hj. Aisyah Lina Suyono, S.Pd., diikuti oleh Camat Cerme Suyono SH.,S.Sos MM., Danramil Kapten INF Karmu, Kapolsek Cerme AKP Nur Amin, SH., Ketua Ranting Bhayangkari Cerme Helmi Kusnindar dan anggota, serta beberapa anggota team penggerak PKK Kecamatan Cerme.
Ketua Penggerak PKK Kecamatan Cerme Ny.Hj. Aisyah Lina Suyono, S.Pd., Dalam kegiatan tersebut memberi arahan dan motifasi pada kader penggerak desa bahwa team penggerak PKK mempunyai peran yang sangat strategis karena disamping sebagai ibu rumah tangga, juga saat ini ibu-ibu sering berinteraksi sosial pada segala bidang, umumnya melalaui jam'iyah keagamaan, organisasi sosial, kelompok arisan ibu-ibu, komunitas sanggar senam dan khususnya dasa wisma.
Ia juga menjelaskan dengan detail bagaimana menggunakan masker yang benar, fungsi masker, bahkan bagaimana cara membuat masker, sembari mencontohkan masker yang telah Ia bikin sendiri.
Ia mengajak para kader untuk saling peduli sesuai peran dan keahlian serta kemampuan masing-masing, sebab kita adalah makhluk sosial yang saling membutuhkan.

Ia juga menduplikasikan materinya dengan dengan menggunakan yel-yel agar muda diingat, Ia gunakan bahasa sederhana namun sangat efektif yaitu :
- MASKERku ..... Maskerku ......
- MASKERmu ...... Maskermu ....
- AKU Sehat ....   KAMU Sehat ....
- KITA Semua Sehat ......
- DESA Kita Sehat .......
- KECAMATAN Cerme Sehat .....
- KABUPATEN Gresik Sehat .....
- JAWA TIMUR Sehat .........
- INDONESIA Selamat .........

Yel-yel ini dilakukan secara serentak dan bisa diduplikasikan kepaa siapa saja.pungkas istri amat Cerme ini.
Sementara Camat Cerme Suyono memberi pencerahan terkait program yang sedang dilaksanakan khususnya dalam upaya memutus mata rantai penyebaran pandemi Covid 19 ini, Ia menjelaskan bahwa saat ini pemkab Gresik mencanangkan program 500.000 Masker untuk Gresik sehat, sebagai turunan dari program Jawa Timur Bermasker, Jawa Timur Selamat dan Indonesia Selamat, dengan mentargetkan pembagian masker tahap awal sebanyak 5.000 dimasing-masing kecamatan.
Dalam kesempatan tersebut Ia juga mengajak pada hadirin untuk meningkatkan kesadaran disiplin protokoler kesehatan sekaligus mengingatkan akan pentingnya penerapan hidup bersih dan sehat (PHBS), diantara yang perlu dilakukan dalam PHBS adalah :

Biasakan pakai masker, Jaga jarak, Sesering mungkin cuci tangan menggunakan sabun dengan air mengalir dan tingkatkan imunitas dengan berolah raga dan istirahat yang cukup.

Suyono juga menghimbau kepada Kepala desa dan jajarannya, agar bisa menjalankan program ini secara maximal agar tujuan dari pelaksanaan kegiatan Gresik bermasker bisa tepat guna dalam memutus mata rantai penyebaran virus corona ini.
Ia juga menyinggung Surat edaran Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (PDTT) tertanggal 4 Agustus 2020, Salah satu isinya adalah mewajibkan kepala desa untuk melakukan gerakan maskerisasi bagi warganya, sehingga desa bisa menggunakan anggaran dana desa (DD) untuk kegiatan ini, tentunya dengan petunjuk teknis dari instansi yang berhubungan dengan hal tersebut.

Melalui kegiatan ini, Ia mengajak mari kita bersama-sama untuk berjuang mewujudkan Gresik yang zona orange ini menjadi zona kuning dan akhirnya menjadi zona hijau.pungkasnya.(WLO).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Kepincut Setigi, Kick Andy Undang Kades Abdul Halim

Kades Sekapuk Abdul Halim Bersama Kick Andy Di Studio MetroTV Jakarta.  GRESIK - gerbangnusantaranews.com Kades Sekapuk Abdul Halim lagi-la...