Hot News

Post Top Ad

Your Ad Spot

Kamis, 24 September 2020

MAKNA SEDEKAH BUMI : Bagi Masyarakat Dusun Kedungbanteng Desa Gredek

GRESIK - gerbangnusantaranews.com

Salah satu cara untuk mengungkapkan rasa syukur atas segala nikmat yang telah diterima warga masyarakat dusun Kedungbanteng desa Gredek kecamatan Duduk Sampeyan kabupaten Gresik, Salah satunya menggelar rangkaian acara bersama yang dikemas dalam bentuk "SEDEKAH BUMI" pada hari Rabu, 23 September 2020.


Acara tersebut dihadiri oleh Kepala desa Gredek Muhammad Bahrul Ghofar dan perangkat desa serta unsur desa lainnya, Turut hadir Forpincam Duduk Sampeyan (Camat, Danramil dan Kapolsek), serta para undangan dan hadirin lainnya.

Kepala desa Gredek Ghofar saat diwawancarai awak media GNN menyampaikan bahwa kegiatan ini (Sedekah Bumi) merupakan rutinitas tahunan, namun pelaksanaan tahun ini berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya disebabkan adanya pandemi Covid 19 yang belum berakhir.


Lebih detail Ia menjelaskan bahwa antusias warga tetap semangat mengadakan walaupun masih dalam kondisi prihatin, dan yang menjadikan alasan warga tetap mengadakan ada tiga alasan :


- Pertama Bentuk nyata atas keyakinan warga terhadap ajaran agama Islam yang mengajarkan bahwa barangsiapa yang bersyukur maka nikmat Alloh bakal ditambah dan begitu juga sebaliknya.

- Kedua Warga juga berkeyakinan bahwa Sedekah juga bisa jadi tolak bala', sehingga diharapkan dengan sedekah bumi ini bisa menjadi sarana ikhtiar untuk terhindar dari wabah pandemi ini.

- Ketiga Sedekah bumi merupakan bagian dari sarana edukasi terhadap generasi penerus dalam melestarikan budaya bangsa yang berbasis adat kebiasaan lokal, yang tentunya masing masing daerah punya cara yang berbeda beda namun pada dasarnya mempunyai tujuan yang sama yakni ekspresikan rasa syukur dan ritual doa bersama untuk kemaslahatan.

Ghofar dalam kesempatan ini mengingatkan dan menghimbau warga masyarakat agar tetap terapkan disiplin protokoler kesehatan guna memutus mata rantai penyebaran Covid 19 ini, sembari berpesan agar selalu :

- Memakai masker 

- Sesering mungkin Cuci tangan menggunakan sabun dan Air Mengalir.

- Menghindari kerumunan atau tidak keluar rumah kalau memang tidak begitu mendesak.

- Selalu menerapkan pola hidup bersih dan sehat (PHBS).


Tak lupa Ia juga mengucapkan selamat datang dan terima kasih pada muspika dan seluruh hadirin atas partisipasi nya sehingga acara ini semakin semarak dan penuh khidmat.pungkasnya.(WLO)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Top Ad

Your Ad Spot