qdxqWFisudm6DGCugNCmxTscxWj4jhGgj3sh0iWz

PELANTIKAN LBH DAN PEMBEKALAN KADER LSM GMBI DISTRIK LAMONGAN

GRESIK - gerbangnusantaranews.com 

Upaya penguatan sekaligus penguatan kelembagaan pada sisi kwalitas Sumber daya manusia (SDM) LSM GMBI Distrik Lamongan Menyelenggarakan Pelantikan Lembaga Bantuan Hukum ( LBH ) dan pembekalan Kader Lembaga Swadaya Masyarakat Gerakan Masyarakat Bawah Indonesia (LSM GMBI) pada hari Minggu tanggal 20 September 2020 pukul 10.30 s.d. 12.35 WIB, bertempat di Hotel Mahkota Lamongan. dengan "MEMUPUK MORALITAS ANGGOTA DENGAN JIWA JUJUR DAN PEMBERANI".


Dalam pelaksanaan acara yang di komandani langsung oleh Ali Sodikin yang saat ini menjabat sebagai Ketua LSM GMBI Distrik Lamongan, dihadiri sekitar 75 orang Anggota juga dihadiri oleh Kompol Sodikin (Kabag Ren Polres Lamongan), Hari Agus Santa P. S.Sos., MM.(Plt. Kepala Bakesbangpol Kab. Lamongan), Djoko Santoso (Kasat Intel Polres Lamongan), Anton Sujatmiko, SH.,MH. (Ketua LBH Jatim), Sugeng S. Putra (Ketua GMBI Wilter Jatim), Ali Sodikin (Ketua LSM GMBI Distrik Lamongan), Pengurus GMBI Wilter Jatim, Perwakilan LSM GMBI Distrik Lamongan Wilter Jatim, Peserta pembekalan Kader LSM GMBI dan undangan lainnya.


Adapun rangkaian acara yang diselenggarakan antara lain :

1. Pukul 10.30 WIB, kegiatan dimulai, dilanjutkan menyanyikan Lagu Indonesia Raya dan Mars GMBI serta Ruh GMBI.

2. Pukul 10.40 WIB, pembacaan surat Keputusan oleh Bpk. Anton Sujatmiko, SH.,MH. (Ketua LBH Jatim), dilanjutkan pelantikan pengurus Biro Hukum LBH  LSM GMBI Distrik Lamongan. 


Adapun nama-nama Pengurus Biro Hukum Distrik GMBI Lamongan, sebagai berikut :

a. Ketua : Imam Zazuli, SH., MH 

b. Waket : Hj. Naning Erna Susanti, SH.

c. Kabid Pidana : Arif Hidayat, SH.

d. Kabid Perdata : Tri Agus Susanto, SH.

e. Kabid Bagian Perdata : Helvin Riastiana, SH.

f. Kabid Humas : Ispandoyo, SH.

Kadis Lamongan dalam sambutannya Ali Sodikin (Ketua LSM GMBI Distrik Lamongan) menyampaikan Memanjatkan puji syukur kehadirat Allah, kita masih diberikan kesehatan dan dapat hadir dalam kegiatan ini, Sebagai Ketua LSM GMBI Distrik Lamongan merasa bangga atas penyelenggaraan pada kegiatan ini, sesuai dengan tema "Memupuk Moralitas Anggota Dengan Jiwa Jujur Dan Pemberani" dan saya juga merasa terharu, Lamongan sudah memiliki LBH LSM GMBI, sembari menjelaskan bahwa tujuan LBH LSM GMBI adalah membantu masyarakat yang termarjinalkan dan untuk membantu masyarakat yang membutuhkan bantuan Hukum.Program kita adalah melakukan pengaderan, dan diharapkan dengan pengaderan ini dapat diaplikasikan untuk membantu masyarakat.


Ia berharap kader-kader LSM GMBI selalu bergandengan tangan dan mengoreksi kinerja pemerintah, bila ada penyelewengan dana atau Korupsi, LSM GMBI akan bersuara keras, demi Indonesia Maju dan pemerintahan yang bersih.

Sementara Sugeng S. Putra (Ketua GMBI Wilter Jatim), menyampaikan ucapan selamat atas pelantikan LBH di Distrik GMBI Lamongan dan berharap LBH dan LSM GMBI Distrik Lamongan dapat bersinergi, Atas nama LSM GMBI Wilter Jatim, berpesan agar tetap Jujur, Berani dan Setia. GMBI mengajarkan satu tekad, satu suara, satu kata dan satu Komando.


Ia Mengajak bersinergi dan bekerja sama baik antara LBH, LSM GMBI dengan  Kejaksaan, Kepolisian.


Ia juga menyampaikan visi dan misi GMBI yaitu GMBI dibentuk untuk berpihak kepada kaum Marginal, miskin yang tersingkir, tertindas dan sering diabaikan dalam pengambilan keputusan. Menjadikan kaum lemah sebagai teman dan sahabat, kaum yang lemah harus diperkuat, kaum yang kuat dan harus disadarkan seluruh ummat manusia yang bertanggung jawab akan kelangsungan kehidupan di dunia, kemakmuran dan kesejahteraan menjadi hak bersama.


Tak lupa Ia berpesan agar LSM GMBI dapat bermitra dengan semua elemen, yaitu Pemerintah, pebisnis dan akademisi.

Dalam kesempatan yang sama Kompol Sodikin (Kabag Ren Polres Lamongan) memberikan pencerahan dan berpesan di situasi Covid 19 tetap memperhatikan protokol kesehatan, tetap disiplin, sehingga dapat diimplementasikan sesuai dengan Thema dalam kegiatan ini.


Ia juga mensosialisasikan terkait operasi Yustisi, selanjutnya mengajak untuk bekerjasama, saling mengingatkan.

Sementara Hari Agus Santa P. S.Sos., MM. (Plt. Kepala Bakesbangpol Kab. Lamongan), juga menyampaikan ucapan syukur Alhamdulillah kita dapat bertemu ditempat ini dalam keadaan sehat walafiat.


Ia juga menekankan bahwa Kami dari Kesbangpol senantiasa berjuang bersama dengan lembaga maupun LSM, kami dari pemerintah juga bekerja sama dan bersinergi  dengan TNI Polri, sembari menjelaskan bahwa Lamongan terdapat 421 ormas/LSM,  dan LSM GMBI adalah salah satu LSM yang sudah berbadan hukum dan mempunyai LBH.


Lebih lanjut Ia menjelaskan Kami dari Kesbangpol adalah mitra kerja dari pemerintah, didalamnya juga terdapat ormas, sinergitas dan kerjasama tetap kita jaga sehingga dapat terwujud sesuai dengan Thema yang disampaikan dalam kegiatan ini.jelasnya.


Ia juga menyampaikan saat ini ada hajat  nasional yaitu Pilkada serentak, diantaranya Kab. Lamongan juga melaksanakan Pilkada  sudah pada tahap pendaftaran calon, Pilkada tetap dilaksanakan dengan mematuhi protokol kesehatan.


Acara berjalan sesuai dengan lancar yang ditutup dengan menyanyikan lagu Bagimu Negeri dan Hymne GMBI, serta Doa penutup.(Als-WLO)


Baca Juga

Related Posts