qdxqWFisudm6DGCugNCmxTscxWj4jhGgj3sh0iWz

Pemkab Minta Tiap Kantor OPD Kurangi Sampah Plastik

BOJONEGORO, gerbangnusantaranews.com 
Kamis 03/09/2020. Pemkab Bojonegoro terus berupaya untuk mengurangi sampah plastik di masyarakat, terutama peralatan makan minum dari plastik sekali pakai.

Selain itu, kampanye lingkungan bersih baik di perkantoran maupun permukiman juga dilakukan.

Tujuannya untuk mewujudkan Bojonegoro bersih. Kabag Humas dan Protokol Pemkab Bojonegoro, Masirin menuturkan, Kabupaten Bojonegoro sudah mendeklarasikan pengurangan sampah plastik.

Pihaknya telah melakukan beberapa langkah di internal lingkup Pemkab Bojonegoro.

“Kantor-kantor pemkab harus disediakan dispenser dan ada gelas-gelas kecil yang bisa dicuci dan bukan berbahan plastik,” katanya,

Rabu kemarin langkah-langkah lain yang ditetapkan adalah, tiap kali rapat indoor, perlu disediakan gelas-gelas kecil dan bukan botol kemasan.

Sedang untuk makan siang, perkantoran perlu disediakan microwave untuk memanasi makanan jika membawa bekal dari rumah.

“Seyogyanya makanan bekal, menghindari packing plastik,” terangnya.

 Masirin juga menjelaskan, Pemkab telah menginstruksikan keada pimpinan OPD menugaskan office boy (OB/OG) untuk membersihkan kantor semaksimal mungkin dan membuat standar operational prosedur (SOP).

“Perkantoran yang masih tampak gersang diharuskan menanam pohon peneduh. Selain itu untuk barang-barang rusak harus segera diperbaiki atau diproses sesuai ketentuan yang berlaku,” tutur nya. (Abq/dmw )
Baca Juga

Related Posts