Hot News

Post Top Ad

Your Ad Spot

Senin, 21 September 2020

Sudetan Kali Gondang Diresmikan, Warga Sugihan Terbebas dari Banjir Bandang

Bojonegoro, gerbangnusantaranews.com  

Senin 21/09/2020. Warga Dusun Sugihan, Desa Kedungsumber, Kecamatan Temayang, sekarang ini tidak merasa khawatir diterjang bandang lagi ketika datang hujan deras. Bencana tahunan yang akrab dengan mereka telah teratasi dengan selesainya pembangunan Sudetan Kali Gandong (long storage). 


Kali Gandong selama ini menjadi pemicu banjir bandang di wilayah setempat. Untuk mengatasinya, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bojonegoro membuat sudetan yang berfungsi memecah volume air saat hujan deras. 


Sehingga air tidak lagi meluber menerjang rumah-rumah warga dan menggenangi jalan nasional Bojonegoro - Nganjuk di wilayah setempat. 


Pembangunan Sudetan Kali Gandong sepanjang 800 meter, dengan lebar 50 meter. Sudetan memanfaatkan lahan Perhutani. Pembangunan sudetan dimulai 31 Juli 2019 lalu, dan selesai Minggu kemarin.


Peresmian pengoperasian sudetan ditandai dengan pembukaan Sudetan Kali Gandong oleh Kepala Dinas Pekerjaan Umum Sumber Daya Air (SDA) Tejo Sukmono, yang dirangkai dengan tasyakuran oleh masyarakat desa setempat.


Kepala Desa Kedungsumber, Sukardi menyampaikan terimakasih kepada Pemkab Bojonegoro, Bakorwil, Perhutani dan Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Bengawan Solo, dan Forpimcam Temayang yang telah mendukung pembangunan sudetan Kali Gandong hingga selesai hari ini. Menurut kepala desa dua periode itu, tasyakuran yang dilaksanakan ini merupakan bentuk syukur masyarakat Kedungsumber, khususnya warga Sugihan yang sudah sejak 2008 menantikan pembangunan sudetan Kali Gandong untuk meminimalisir banjir bandang. 


"Semoga sudetan ini bisa bermanfaat mengurangi banjir bandang yang setiap tahun melanda wilayah kami," ujar Kardi, panggilan akrabnya usai tasyakuran. 


Ia berharap kerja sama ini ini tdk berhenti sampai di sini karena baik pemerintah desa maupun masyarakat masih butuh pemeliharaan lokasi sudetan untuk dilakukan reboisasi sepanjang areal sehingga bisa memperkuat tebing yang baru dibuat.


 "Ini perlu segera dilakukan untuk menjaga sudetan tetap awet," pungkas Kardi. 


Kepala Dinas Pekerjaan Umum Sumber Daya Air (SDA) Bojonegoro, Tedjo Sukmono menjelaskan, telah selesainya pembangunan long storage atau sudetan Kali Gandong di Dusun Sugihan Desa Kedungsumber Kecamatan Temayang, maka dilaksanakan kegiatan Sosialisasi Pengelolaan Daerah Aliran Sungai (DAS) Secara Terpadu.


 Tujuannya menyatukan persepsi dan tindakan para stakeholder untuk membangun kembali Daerah Aliran Sungai yang bersinergi dan terpadu, sehingga outcome pembangunan dapat dinikmati masyarakat secara berkelanjutan. 


"Dengan kegiatan ini diharapkan lingkungan alam menjadi bersahabat dan dapat mengurangi timbulnya banjir bandang, infrastruktur sumber daya air menjadi berfungsi lebih lama, dan terhindarnya kerusakan infrastruktur- infrastruktur yang lainnya," ternga Tedjo.


 Tedjo juga menyampaikan permohonan maaf atas keterlambatan penyelesaian pekerjaan pembangunan Sudetan Kali Gandong karena alat berat yang digunakan saat proses pembangunan sering terkendala. 


"Saya harapkan masyarakat iku menjaganya, sehingga bisa dimanfaatkan untuk irigasi, menjaga mata air dan konservasi sumber daya alam," pungkasnya. (Abq - dmw)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Top Ad

Your Ad Spot