Hot News

Post Top Ad

Your Ad Spot

Sabtu, 31 Oktober 2020

DESA GREDEK LESTARIKAN BUDAYA DENGAN EDUKASI MASYARAKAT MELALUI MOMENT SEDEKAH BUMI

GRESIK- gerbangnusantaranews.com 

Sebuah moment yang telah dilakukan sejak lama dan menjadi bagian dari kehidupan turun temurun masyarakat Desa Gredek Kecamatan Duduk Sampeyan Kabupaten Gresik yakni Sedekah Bumi, dan kali ini diselenggarakan dengan memanfaatkan moment yang sangat penting bagi kehidupan masyarakat baik dari sisi Agama maupun Berbangsa dan Bernegara.


Kegiatan rutin tahunan saat ini dibarengkan dengan 3 peristiwa besar Yakni Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW (12 Robiul Awal 1442 H), Hari Sumpah Pemuda ke 92  (28 Oktober 2020), Ruwatan Desa dengan mengenang jejak leluhur desa Gredek.


Acara yang digelar 3 hari berturut turut ini dilakukan sejak tanggal 27-29 Oktober 2020 dengan acara puncak siraman rohani dengan menghadirkan Gus Izzul Kahfi yang sangat muda dari kota Mojokerto.

Kepada Media GNN Kepala desa Gredeg Muhammad Bahrul Ghofar menjelaskan bahwa kenapa ini perlu dilaksanakan, Ia memampatkan beberapa hal yang melatar belakangi antara lain :

- Kegiatan ini bertujuan untuk melestarikan budaya positif yang sudah berlangsung lama dan hal ini bisa membangun militansi dan kecintaan pada Desa sebab generasi akan mengetahui runtutan sejarah dan perjuangan leluhur desa dalam meletakkan sendi sendi kehidupan berbangsa dan bernegara bahkan beragama sehingga lestari sampai saat ini.

- Membangun kebersamaan warga dengan semangat yang perna bergelora 92 tahun silam ditandai dengan bersatunya pemuda di nusantara untuk merebut kemerdekaan serta menerapkan nilai nilai luhur yang diajarkan oleh Rasulullah dengan menguatkan keyakinan Cinta Tanah Air Sebagian Dari Iman.

- Budaya Sedekah bumi sebagai saran pendidikan bersedekah secara kolektif dengan harapan menjadi kebiasaan masing masing individu dalam kehidupan sehari hari, sebab mayoritas penduduk Desa Gredek beragama Islam dan meyakin bahwa Sedekah sebagai bagian dari ungkapan sykur atas nikmat yang diberikan oleh Alloh juga Sedekah bisa menjadi tolak balak.

Diakhir paparannya Ghofar menyampaikan harapan agar kegiatan ini bisa dilestarikan demi kebersamaan dan sebagai edukasi sosial masyarakat sehingga generasi penerus tidak mudah melupakan sejarah pungkasnya.(WLO)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Top Ad

Your Ad Spot