Hot News

Post Top Ad

Your Ad Spot

Kamis, 22 Oktober 2020

Kemenag Gelar Pelatihan Penentuan Arah Kiblat

Gresik- gerbangnusantaranews.com

Untuk meningkatkan Sumber daya Dikementrian Agama(Kemenag).Kabupaten Gresik khususnya di Penyuluh Agama Islam Gresik. 


Hari ini mengadakan pelatihan sekaligus praktek untuk menentukan Arah kiblat. 


Pelatihan menentukan arah kiblat ini adalah menjadi ikhtiar dan usaha dalam rangka untuk penyempurnaan sholat ummat islam.


Giat ini ditempatkan Di Kantor Urusan Agama(KUA) kecamatan Dukun Kabupaten Gresik(22/10/2020)


Utusan Bimas Islam Kemenag Gresik Muthohari Luthfi SAg mengatakan, Pelatihan ini memberikan Edukasi informasi dan sesuai dengan SOP tentang masalah penentuan arah kiblat." Katanya. 


Kenyataan masih banyak dilapangan terkait banyak masjid dan takmir belum menggunakan SOP dalam menentukan arah masjid. " Jelasnya. 


Dia mengharapkan dengan pelatihan ini bisa di fahamkan arah penentuan kiblat kepada Stekholder pemangku kebijakan. "Tukas Luthfi. 


Maka dengan giat pelatihan ini khususnya para penyuluh agama Islam kecamatan Dukun untuk menggiatkan dan menginformasikan hasil pelatihan ini ke Takmir masjid sekecamatan Dukun. " Pungkasnya. 


Salah satu peserta Penyuluh agama Islam Kecamatan Dukun Khusnul Rofiq mengatakan,Saya, bangga dan apresiasi untuk mengikuti pelatihan ini dengan tujuan untuk meningkatkan sumber daya dan keilmuan saya "Tuturnya. 


Ditambahkan Rofiq ini penting untuk tugas penyuluh kepada masyarakat terkait penentuan arah kiblat untuk sholat." Insyaallah KUA Dukun Siap" Jelas Rofiq. 


Ditambahkan bahwa, arah kiblat adalah harus berbanding lurus dengan tegaknya orang melakukan sholat. 


Kalau melenceng satu derajat saja maka arah kiblat akan jauh dari kakbah dan sholat kita bukan menghadap kiblat." Pungkas Rofiq juga aktivis Ansor ini. 


Tindak lanjut dari pelatihan ini adalah sosialisasi kepada Takmir Masjid se kecamatan Dukun untuk selalu meng upgred dan mengapdute kembali arah kiblat dengan petunjuk SOP. (Syafik Hoo)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Top Ad

Your Ad Spot